Istri Pendiri Gudang Garam Meninggal, Mewariskan Aset Rp87 T

CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 13:04 WIB
Tan Siok Tjien, istri pendiri PT Gudang Garam Tbk mendiang Surya Wonowidjojo meninggal dunia dan mewariskan kekayaan Rp87 triliun. Foto ilustrasi duka cita. (Istockphoto/kzenon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tan Siok Tjien, istri pendiri PT Gudang Garam Tbk mendiang Surya Wonowidjojo meninggal dunia. Ia wafat di usia 91 tahun pada Minggu (25/10).

"Almarhumah wafat pada Minggu, 25 Oktober 2020, pukul 05.50 WIB, di Kediri dalam usia 91 tahun," tulis rilis resmi keluarga besar Tan Siok Tjien, dikutip Kamis (29/10).

Pihak keluarga menyatakan jenazah telah dimakamkan di makam keluarga, kompleks pabrik Gudang Garam pada Selasa (27/10) pukul 11.00 WIB. Sepanjang hidupnya, Tan Siok Tjien dikenal telah memberikan teladan tentang nilai-nilai perusahaan yang terus dilestarikan hingga kini, sebagaimana yang telah dicontohkan pula oleh mendiang suami sebagai pendiri perusahaan.


"Karena itu, segenap pimpinan dan karyawan PT Gudang Garam Tbk akan terus melanjutkan nilai-nilai tersebut. Yaitu, dengan senantiasa bekerja keras demi kemajuan perusahaan serta kesejahteraan bersama," imbuh pihak keluarga.

Tan Siok Tjien meninggalkan kekayaan senilai US$6 miliar, setara Rp87,75 triliun (mengacu kurs Rp14.625 per dolar AS) berdasarkan Bloomberg Billionaires Index. Mengacu catatan Bloomberg Billionaires Index, ia merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia.

Total kekayaan tersebut diperoleh dari bisnis Gudang Garam. Mayoritas saham perusahaan rokok tersebut atau sebesar 69,29 persen, digenggam oleh PT Suryaduta Investama.

Diketahui, pemegang saham utama Suryaduta Investama adalah keluarga pendiri Gudang Garam diwakili oleh Susilo Wonowidjojo, putra mendiang Surya Wonowidjojo.

Surya Wonowidjojo sendiri telah meninggal sejak 29 Agustus 1985 dalam pada umur 62 tahun. Saat ini, perusahaan rokok yang dirintisnya telah tercatat sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp78,84 triliun dan harga sahamnya Rp40.975 per saham.

(ulf/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK