Sri Mulyani Minta Alumni LPDP Tak Cuma Sinis Tapi Beri Solusi

CNN Indonesia | Senin, 02/11/2020 18:14 WIB
Sri Mulyani mengingatkan Indonesia membutuhkan banyak lulusan yang punya solusi dan konsisten untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat. Sri Mulyani mengingatkan Indonesia membutuhkan banyak lulusan yang punya solusi dan konsisten untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan sumbangsih ke negara dan tak hanya menjadi pengkritik atau tukang komplain.

Pasalnya, kata Sri Mulyani, Indonesia membutuhkan banyak lulusan yang punya solusi dan konsisten untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat.

"Saya minta LPDP itu adalah gudangnya orang-orang yang tadi enggak cuma komplain melihat kesana kemari ada masalah dan cuma ngomongin aja apalagi sinis-sinis saja, tetapi sekarang kerjakan saja yang bisa anda kerjakan," tuturnya dalam studium general yang diselenggarakan LPDP, Senin (2/11).


Sri Mulyani juga menyitir pernyataan John F Kennedy agar masyarakat tak bertanya apa yang bisa negara berikan, melainkan bertanya apa yang bisa masyarakat berikan kepada negara.

"Jangan pernah tanya apa yang negara bisa kasih ke saya, I think its about the time kalian bertanya apa yang bisa kalian bisa berikan untuk Republik Indonesia," ucap mantan direktur pelaksana Bank Dunia tersebut.

Ia juga berharap lulusan LPDP tak hanya belajar dari apa yang mereka dapat di bangku kuliah melainkan juga apa yang mereka dapat di tengah lingkungan tempat mereka belajar.

[Gambas:Video CNN]

Di samping itu, para penerima beasiswa juga diharapkan dapat memberi kontribusi kepada masyarakat setelah menyelesaikan studinya bukan hanya karena kontrak dengan LPDP, melainkan juga karena gairah untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

"Kalau anda mindset-nya adalah gua akan dapat apa lagi nih, after ini gua mau cari apa buat gua lagi, kalau anda seperti itu attitude nya akan terpatri terus, mungkin anda bisa sukses tapi enggak terlalu berguna menurut saya," ucapnya.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK