Sambut Kemenangan Biden-Harris, IHSG Berpotensi Menguat

CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 06:11 WIB
IHSG, bersama bursa saham global, berpotensi menguat menyambut kemenangan pasangan Joe Biden-Kamala Harris dalam pilpres AS. IHSG, bersama bursa saham global, berpotensi menguat menyambut kemenangan pasangan Joe Biden-Kamala Harris dalam pilpres AS. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia --

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan menguat pada perdagangan hari ini, Senin (9/11), menyambut kemenangan pasangan Joe Biden-Kamala Harris atas Pemilihan Presiden (Pilres) Amerika Serikat (AS).

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memprediksikan bursa saham global, termasuk Indonesia, akan mengawali pekan dengan penguatan atas presiden terpilih AS Joe Biden.

Pada perdagangan hari ini, ia menyebut ada potensi dana asing mengalir ke pasar berkembang. Tak hanya pasar modal, ia bilang pasar obligasi dan valas juga akan menikmati dampak positif dari kemenangan Partai Demokrat ini.


Namun, usai euforia Biden-Harris, Hans melihat IHSG berpotensi terkoreksi akibat aksi ambil untung (profit taking).

"Potensi sengketa politik di AS membawa peluang pelaku pasar melakukan aksi ambil untung," katanya seperti dikutip dari riset.

Ia memproyeksikan indeks saham bergerak di rentang support 5.161-5.246 dan rentang resistance, yaitu 5.381 hingga 5.500.

Sepaham, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan optimistis perbaikan ekonomi terbesar dunia pasca pemilu tersebut akan menggerakkan penguatan indeks.

Namun, menurut Dennies, penguatan bersifat terbatas karena investor masih mengkhawatirkan pertumbuhan kasus covid-19 di Eropa yang kian tinggi.

"Pergerakan rentan mengalami koreksi. Investor akan menanti data cadangan devisa dari Indonesia," terang dia.

Ia memproyeksikan indeks saham bergerak di rentang support 5.216-5.275 dan resistance 5.264-5.394.

Di sisi lain, saham-saham utama Wall Street ditutup bervariasi pada penutupan perdagangan pekan lalu.

Indeks Dow Jones menurun 0,24 persen ke level 28.323, S&P 500 koreksi tipis 0,03 persen ke level 3.509, dan Nasdaq Composite menguat 0,04 persen menjadi 11.895.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK