Maskapai Bebaskan Biaya Refund Imbas Macet Kepulangan Rizieq

CNN Indonesia | Selasa, 10/11/2020 08:27 WIB
Garuda Indonesia dan Citilink membebaskan biaya refund tiket bagi penumpang yang terdampak kemacetan kepulangan Rizieq Shihab, Selasa (10/11). Garuda Indonesia dan Citilink membebaskan biaya refund tiket bagi penumpang yang terdampak kemacetan kepulangan Rizieq Shihab, Selasa (10/11). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah maskapai penerbangan membebaskan biaya penyesuaian jadwal terbang atau pengembalian dana (refund) bagi penumpang yang urung berangkat, terimbas kemacetan menuju Bandara Soekarno Hatta akibat kepulangan Rizieq Shihab pada Selasa (10/11).

"Kami sepenuhnya mengerti kekhawatiran yang dialami penumpang," ujar Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra dalam keterangannya.

Oleh karena itu, Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu hadir bersama seluruh penumpang dengan menghadirkan sejumlah solusi bagi penumpang yang terdampak imbas kemacetan akses menuju bandara.


Untuk penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanannya, perusahaan akan mempersiapkan opsi pengalihan jadwal keberangkatan ke penerbangan selanjutnya.

Namun, ia mengingatkan penerapan kebijakan fleksibilitas penyesuaian jadwal dan refund tiket tetap mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Senada, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo juga bilang pihaknya siap memberikan kemudahan bagi penumpang yang terdampak.

Citilink Indonesia akan membantu penjadwalan ulang ataupun pengembalian dana tanpa biaya sama sekali. Penumpang diimbau untuk menghubungi call center di 0804 1 080808 untuk fasilitas terkait.

"Citilink memberikan kemudahan bagi penumpang yang terdampak kemacetan akses menuju bandara Soetta pada hari ini, 10 November, yaitu reschedule ataupun refund dengan membebaskan biaya," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Diketahui, massa Front Pembela Islam (FPI) ramai memadati Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Mereka bersiap menyambut kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang rencananya tiba di Indonesia sekitar pukul 09.00 WIB.

Jelang kepulangan Rizieq, terjadi kemacetan parah di ruas Tol Sedyatmo menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lalu lintas lumpuh pagi ini karena peningkatan volume kendaraan terjadi sejak dini hari.

Kepadatan kendaraan bahkan telah terasa sejak KM 32, Rawa Bokor, Jakarta Barat. Mengantisipasi warga yang terjebak macet akibat antusiasme pengikut pentolan FPI itu, melalui akun twitter resmi @TmcPoldaMetroJaya, warga diimbau menggunakan jalur alternatif lain.

Berdasarkan video yang dibagikan akun @DPPFPI_ID di Twitter, massa yang mengenakan pakaian serba putih itu terlihat mulai memenuhi jalanan di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Mereka tampak menuju Terminal 3 tempat kedatangan Rizieq.

Rizieq dijadwalkan akan tiba di Indonesia sekitar pukul 09.30 WIB. Ia dipastikan telah terbang dari Bandara Jeddah menuju Indonesia sejak Senin (9/11) kemarin. Ini adalah kepulangan Rizieq ke Indonesia pertama kali setelah kurang lebih tiga tahun menetap di Arab Saudi.

Rizieq terbang ke Arab sejak 2017 lalu setelah membuat gerakan aksi bela Islam dalam demonstrasi besar-besaran 411 dan 212 untuk memenjarakan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok yang dianggap menista agama.

Dalam kurun waktu tiga tahun itu, Rizieq berulang kali menyatakan akan kembali ke Indonesia, namun tak pernah terlaksana. Pentolan FPI itu bahkan disebut terjerat masalah imigrasi lantaran kelebihan izin tinggal atau overstay di Arab Saudi.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK