Pertamina Optimistis Operasi di Blok Rokan Mulai Agustus 2021

CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 17:44 WIB
Direktur Utama PHE Budiman Parhusip optimistis produksi Blok Rokan dapat kembali meningkat sebelum perusahaan masuk sebagai operator menggantikan CPI. Direktur Utama PHE Budiman Parhusip optimistis produksi Blok Rokan dapat kembali meningkat sebelum perusahaan masuk sebagai operator menggantikan CPI. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) optimistis dapat memulai pengeboran di Blok Rokan setelah masa peralihan PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) pada Agustus 2021.

Direktur Utama PHE Budiman Parhusip menyampaikan hingga saat ini berbagai persiapan juga sudah dilakukan termasuk menjaga tingkat produksi minyak Blok Rokan yang didominasi oleh sumur tua.

"Agustus 2021 insyaallah kami siap untuk beroperasi," ujarnya dalam webinar yang digelar APMI Kamis (12/11).


Pertamina sendiri menargetkan pengeboran 44 sumur pada 2021 setelah alih kelola dari CPI. Jumlah pengeboran selanjutnya diperkirakan bertambah menjadi 180 sumur pada 2022 mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, SKK Migas optimistis produksi Blok Rokan dapat kembali meningkat sebelum Pertamina masuk sebagai pengelola menggantikan CPI.

Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Suardin mengatakan penerapan EOR atau pengurasan sumur minyak harus dilakukan sebagai upaya menjaga laju produk.

Ia juga memastikan agar tidak terjadi penurunan produksi Blok Rokan karena tidak ada kegiatan pengeboran oleh Chevron. Pasalnya, selama masa transisi pihak CPI sepakat untuk mengebor agar laju penurunan produksi tidak turun.

[Gambas:Video CNN]

Dengan investasi US$154 juta yang dikucurkan Chevron untuk mengebor Blok Rokan, kata dia, diharapkan akan ada sebanyak 100 sumur hingga 200 sumur yang bisa dibor.

"Jadwal proyek on time tentunya, pasti ada sumur baru yang akan di-drill di situ. Kami harus kolaborasi dengan teman-teman Pertamina sehingga Agustus 2021 akan operasikan Rokan," tandasnya.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK