Daftar Bisnis Unggulan Masa Depan versi Menteri SBY

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 05:45 WIB
Gita Wirjawan dan Chatib Basri memaparkan sejumlah bisnis yang memiliki prospek cerah di masa depan. Berikut daftarnya. Gita Wirjawan dan Chatib Basri memaparkan sejumlah bisnis yang memiliki prospek cerah di masa depan. Ilustrasi. (Picjumbo).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri perdagangan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Gita Wirjawan memaparkan sektor bisnis yang memiliki masa depan cerah adalah bisnis yang mampu mengadopsi digitalisasi.

Dari kacamatanya, sektor-sektor yang siap mengintegrasikan digitalisasi dalam sistemnya adalah sektor perumahan (real estat), fesyen, kesehatan, keuangan, dan asuransi jiwa.

"Sektor yang mungkin bisa cukup cerah ke depan, yang nyata adalah apapun yang bisa didisrupsi oleh digitalisasi," katanya dalam webinar Mandiri: Dunia Pasca Pandemi, Ada Apa Dengan 2021? pada Rabu (2/12).


Sementara, untuk sektor di luar digitalisasi seperti pariwisata dan turunannya, Gita menilai akan bergerak lebih cepat dari sektor lainnya setelah mengecap dampak dari distribusi vaksin Covid-19.

"Yang paling nyata itu travel, transportasi darat, laut, dan udara akan menjadi diuntungkan dari pemulihan kesehatan dikarenakan kesuksesan vaksinasi," jelasnya.

Senada, Menteri keuangan era SBY Chatib Basri pengusaha tidak bisa lagi menghindari digitalisasi. Oleh karena itu, bisnis apapun yang akan bertahan akan bergantung pada kelincahannya mengadopsi digitalisasi.

Misalnya saja untuk sektor keuangan, ia menyebut bank yang akan bertahan adalah bank yang bergerak cepat mengimplementasikan fitur-fitur digital ke dalam jasanya.

[Gambas:Video CNN]

Akibat pandemi, lanjutnya, masyarakat kian enggan melakukan transaksi secara fisik. Kunjungan ke kantor cabang dan ATM pun terus menurun. Tak ayal, bank yang dapat memberikan fasilitas lah yang akan mampu bertahan.

Sektor lainnya yang diprediksinya akan mampu bertumbuh adalah sektor kesehatan.

"Akan ada sektor-sektor yang relatif lebih baik, apa itu? Yang mampu memanfaatkan dua hal, satu digital, kedua yang berhubungan dengan kesehatan," pungkasnya.

(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK