Jokowi Tunjuk Mentan Jadi Plt Menteri KKP Gantikan Luhut

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 18:37 WIB
Presiden Jokowi menunjuk Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk menduduki kursi sementara menteri KKP menggantikan Luhut Binsar Panjaitan. Presiden Jokowi menunjuk Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk menduduki kursi sementara menteri KKP menggantikan Luhut Binsar Panjaitan. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim. Sebelumnya, Luhut menjadi pejabat sementara yang menggantikan posisi Edhy Prabowo.

Hal itu terungkap dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-918/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/12/2020 tertanggal 2 Desember 2020. Surat itu ditujukan kepada Syahrul.

"Dengan hormat kami beritahukan bahwa Bapak Presiden (Jokowi) berkenan menunjuk Menteri Pertanian untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim," ujar Mensesneg Pratikno dalam surat tersebut, dikutip Rabu (2/11).


Dalam surat itu, Pratikno menerangkan penunjukkan Syahrul dilatarbelakangi oleh surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bernomor B-3863/MARVES/MARITIM/RT.01.00/XI/2020 tertanggal 22 November 2020.

"Pada intinya, (Luhut) memohon izin kepada Bapak Presiden untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri pada tanggal 2-10 Desember 2020," jelas Praktikno.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Antam Novambar membenarkan informasi terkait kunjungan kerja Luhut tersebut.

"Beliau (Luhut) ke LN (luar negeri)," kata Antam kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat.

[Gambas:Video CNN]

Sebagai informasi, posisi tetap Menteri KKP saat ini masih kosong setelah Edhy Prabowo mengundurkan diri pada Kamis (26/11) lalu. Edhy mundur lantaran terjerat kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Edhy diamankan KPK setelah melakukan lawatan dinas dari Amerika Serikat. Ia ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (25/11) dini hari, bersama istrinya, Iis Rosita Dewi, dan 17 orang lainnya.

(sfr/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK