'Suntikan' Vaksin Corona Terbangkan Harga Minyak

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 08:46 WIB
Harga minyak menguat lebih dari 1 persen pada Kamis pagi (3/12) WIB. Kenaikan tertopang oleh persetujuan penggunaan vaksin corona oleh Inggris.  Minyak dunia menguat ditopang oleh persetujuan Inggris atas penggunaan vaksin corona. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agus Triyono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga minyak mentah dunia melambung pada perdagangan Kamis pagi (3/12) WIB. Mengutip Antara, Kamis (3/12) pagi, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Februari bertambah 83 sen atau menguat 1,75 persen menjadi US$48,25 per barel.

Sedangkan, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari naik 73 sen atau 1,64 persen ke level US$45,28 per barel.


Kenaikan ditopang kebijakan Inggris yang telah menyetujui penggunaan vaksin covid-19 dari Pfizer dan BioNTech. Persetujuan ini mendorong harapan pasar bahwa permintaan minyak akan pulih.

Pemerintahan Inggris telah mengizinkan penggunaan darurat vaksin covid-19 racikan Pfizer dan BioNTech (EUA/Emergency Use Authorization) pada Rabu (2/12).

Di sisi lain pedagang terus memantau keputusan OPEC+ menekan produksi untuk tahun depan.

"Kemajuan kuat hari ini muncul sebagian besar berdasarkan indikasi kemajuan pada pertemuan OPEC hari ini yang berpotensi membuka jalan bagi kesepakatan dalam pembicaraan OPEC+ yang masih dijadwalkan untuk besok," kata Presiden Ritterbusch and Associates Jim Ritterbusch.

Seperti diketahui, OPEC+ tahun ini diberlakukan pemotongan produksi sebesar 7,7 juta barep per hari (bph) karena pandemi covid-19. Direncanakan pemangkasan akan berlanjut pada setidaknya 3 bulan pertama 2021.

Namun, OPEC+ belum memutuskan pemangkasan setelah bertemu pada pekan lalu. Disinyalir keputusan akan dibuat dalam pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(wel/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK