Jadi Peserta JKN-KIS Sulut Semangat Sembuh Anifa

BPJS Kesehatan, CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 17:15 WIB
Menurut Anifa, berkat BPJS Kesehatan, kini ia hanya perlu menyiapkan diri dan mental untuk sembuh, tanpa perlu memikirkan biaya pengobatan. Menurut Anifa, berkat BPJS Kesehatan, kini ia hanya perlu menyiapkan diri dan mental untuk sembuh, tanpa perlu memikirkan biaya pengobatan. (Foto: BPJS Kesehatan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Anifa Aneta (45) mengaku begitu bersyukur telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3. Ia mengungkapkan, kini menjadi lebih bersemangat melakukan kontrol penyakit dalam kandungan yang ia rasakan selama empat bulan belakangan.

Ditemui pada Jumat (27/11), Anifa menceritakan pengalaman menggunakan KIS. Bermula dari sakit perut yang dikira biasa saja, suami Anifa memperhatikan istrinya semakin kesakitan. Dokter kemudian merujuk Anifa ke salah satu rumah sakit.

Setelah melewati sejumlah tahapan pengobatan medis, sejak Agustus silam Anifa hanya diharuskan untuk kontrol rutin.


"Saya ingin cepat sembuh, saya akan lakukan setiap upaya maksimal agar bisa sembuh demi keluarga kecil saya," kata Anifa yang tinggal di Manado.

Empat bulan rajin melakukan kontrol di rumah sakit, harapan baru Anifa mulai terbit ketika dokter mengarahkannya untuk operasi. Operasi itu disebut akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

Anifa menyebut, status sebagai peserta JKN-KIS menyulut semangatnya untuk segera sembuh, meski harus menjalani beberapa operasi.

"Sesuai info dari dokter, saya akan melakukan operasi pertama saya pada Desember mendatang, sekalipun harus berapa kalioperasi saya akan melakukannya dengan bersemangat karena saya sangat ingin sembuh. Semangat saya semakin bertambah dengan memiliki JKN-KIS ini, walaupun harus membayar iuran tiap bulannya, hal ini tidak sebanding dengan manfaat yang saya terima selama ini," kata Anifa bersemangat.

Sekarang, kata ibu dua orang anak itu, ia hanya perlu menyiapkan diri dan mental, tidak lagi memikirkan biaya-biaya pengobatan. Anifa menyampaikan terima kasih atas kehadiran JKN-KIS, seraya berharap lebih banyak orang yang juga merasakan manfaat seperti dirinya.

"Entah apa jadinya jika saya tidak menjadi Peserta JKN-KIS.Memiliki jaminan kesehatan sangat lah penting, apalagi Program JKN-KIS ini merupakan program pemerintah dengan iuran yang sangat terjangkau. Menjadi Peserta JKN-KIS selain mematuhi aturan pemerintah, manfaatnya pun luar biasa," ujar Anifa.

(rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK