Kominfo Bakal Bangun 4.200 BTS 4G di Pulau Tertinggal

CNN Indonesia | Senin, 21/12/2020 19:39 WIB
Menkominfo Johnny G Plate akan membangun 4.200 BTS 4G di wilayah 3T pada 2021 nanti untuk mengurangi ketimpangan akses internet di Indonesia. Menkominfo Johnny G Plate akan membangun 4.200 BTS 4G di wilayah 3T pada 2021 nanti untuk mengurangi ketimpangan akses internet di Indonesia. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Reno Esnir).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate mengatakan akan membangun 4.200 BTS 4G di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) pada 2021. Pembangunan fasilitas tersebut digencarkan untuk mendukung transformasi digital dan mengurangi ketimpangan akses internet di Indonesia.

"Kami akan membangun 4.200 BTS di setiap desa. Itu berarti hampir seluruhnya di Indonesia sudah bisa terlayani hampir di seluruh desa," ujarnya dalam rapat koordinasi Bangga Buatan Indonesia 2021, Senin (21/12).

Di luar pembangunan tersebut, Kominfo juga telah merencanakan pembangunan 3.704 BTS 4G pada 2022. Sedangkanpada2020 ini, melalui BLU BAKTI, Kominfo sudah membangun 1.209 BTS aktif.


"Untuk bisa aktif, tentu saja harus bisa bekerja bersama mitra kerja operator seluler," tuturnya.

Dengan ketersediaan BTS 4G yang mencukupi, Johnny berharap pada 2022 nanti seluruh desa dan kelurahan di Indonesia sudah tersedia sinyal 4G yang memadai untuk mendukung akselerasi transformasi digital.

"Dalam kerja sama dengan operator seluler untuk wilayah non 3T atau wilayah komersial, saya tentu berharap kerja sama ini secara simultan kita bisa menyelesaikan 3.435 BTS untuk 3.435 desa di wilayah non 3T atau wilayah komersial yang menjadi area atau wilayah penugasan bagi operator seluler," ujarnya

Johnny juga mengklaim saat ini hampir di tiap puskesmas desa di seluruh Indonesia telah memiliki akses internet gratis. Ia berharap fasilitas tersebut dapat digunakan masyarakat untuk meningkatkan literasi digital serta mendukung pengembangan UMKM.

"Setidaknya di sekitar puskesmas sudah ada akses internet, dan internet di setiap puskesmas itu gratis karena itu langsung dibiayai Kominfo melalui pemanfaatan satelit. Setelah jam kerja sore hari itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat," terangnya.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK