Mendag M Lutfi Dapat Tiga Tugas Besar dari Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2020 19:31 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengamanahkan tiga tugas besar kepadanya. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengamanahkan tiga tugas besar kepadanya.(ANTARA FOTO/ISMAR PATRIZKI).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengamanahkan tiga tugas besar kepadanya.

Menurut pengakuan Lutfi, Jokowi menyampaikan tiga tugas tersebut kemarin, Selasa (22/12).  Tiga tugas tersebut yakni, pertama, menjaga stabilitas harga, terutama inflasi. 

Kedua, membantu pelaku UMKM untuk dapat masuk ke dalam pasar ekspor, di sana juga termasuk memperbaiki struktur kerja dengan Balai Latihan Ekspor.


"Ketiga, bagaimana Indonesia bisa menembus pasar non-tradisional dengan cara perundingan seperti partnership agreement (perjanjian kemitraan)," kata Lutfi selepas melakukan serah terima jabatan, seperti dikutip dari video yang diunggah Kemendag, Rabu (23/12).

Lutfi menjelaskan meski tahun ini Kemendag telah menandatangani beberapa perjanjian kemitraan, namun ia melihat peluang bernegosiasi dengan pasar non-tradisional.

Pasar non-tradisional yang dimaksud adalah pasar negara-negara di Benua Afrika dan Amerika Selatan.

"Jadi ini bagian yang akan kami lakukan," tutupnya.

Seperti diketahui, Jokowi menunjuk Lutfi sebagai Menteri Perdagangan yang selama setahun terakhir dijabat oleh Agus Suparmanto. Didapuknya Lutfi bersamaan dengan reshuffle yang dilakukan Jokowi kepada lima kursi Menteri lainnya.

Tri Risma sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, dan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK