Mengintip Biaya SIM yang Bisa Digratiskan Jokowi ke Si Miskin

hrf, CNN Indonesia | Kamis, 31/12/2020 09:26 WIB
Jokowi memberi peluang untuk menggratiskan biaya pembuatan SIM kepada warga miskin. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah membuka peluang untuk menggratiskan biaya penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi warga miskin, mahasiswa/pelajar serta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kepolisian RI.

Dalam Pasal 7 beleid tersebut dijelaskan tarif atau jenis PNBP untuk pembuatan SIM bisa ditetapkan sampai dengan Rp0 atau 0 persen.


Lantas berapa sebenarnya biaya PNBP pembuatan SIM?

Mengacu pada PP nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, biaya PNBP pembuatan SIM terbagi menjadi 9 jenis.

Kesembilan jenis itu adalah SIM A, SIM B I, SIM B II, SIM C, SIM C I, SIM C II, SIM D, SIM D I, dan Penerbitan SIM Internasional.

Tarif penerbitan PNBP SIM A yang diperuntukkan bagi pengemudi kendaraan mobil dengan jumlah berat tidak melebihi 3.500 kg ditetapkan sebesar Rp120 ribu.

Sementara SIM BI dan SIM B II ditetapkan sebesar Rp120 ribu. SIM B I sendiri diperuntukkan bagi pengemudi mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat lebih dari 3.500 kg .

Sedangkan SIM B II diterbitkan bagi pengemudi kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau truk gandeng perseorangan dengan berat kendaraan maksimal lebih dari 1.000 kg,

Lalu, tarif PNBP penerbitan SIM C ditetapkan sebesar Rp100 ribu. SIM C sendiri terbagi menjadi 2 kategori, yaitu berdasarkan kapasitas silinder atau muatan cc pada setiap sepeda motor yang dikemudikan.

SIM CI digunakan untuk sepeda motor dengan cc di bawah 250 cc; SIM CII untuk sepeda motor dengan cc di atas 250 dan maksimal 500 cc.

Kemudian, tarif PNBP untuk SIM D dan SIM D I adalah sebesar Rp50 ribu. SIM ini diperuntukkan bagi pengemudi kendaraan khusus, yaitu bagi para penyandang disabilitas. Terakhir tarif PNBP penerbitan SIM Internasional ditetapkan sebesar Rp250 ribu.

(asa)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK