Puncak Arus Balik, 14.661 Penumpang Pesawat Tinggalkan Bali

Antara, CNN Indonesia | Senin, 04/01/2021 20:02 WIB
AP I mencatat sebanyak 14.661 penumpang pesawat meninggalkan Bali pada Minggu (3/1), yang diperkirakan puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru. AP I mencatat sebanyak 14.661 penumpang pesawat meninggalkan Bali pada Minggu (3/1), yang diperkirakan puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat sebanyak 14.661 penumpang pesawat meninggalkan Bali saat puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2021 yang terjadi pada Minggu (3/1) kemarin.

"Kami prediksi 13 ribu orang penumpang meninggalkan Bali. Namun, berdasarkan catatan kami saat puncak arus balik kemarin, penumpang domestik keberangkatan mencapai 14.661 orang penumpang," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, dilansir Antara, Senin (4/1).

Ia mengatakan jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan catatan penumpang keberangkatan sehari sebelumnya yang mencapai 11.955 orang penumpang.


"Total pada tanggal 2 dan 3 Januari 2021, kami telah melayani sebanyak 26.616 penumpang di terminal keberangkatan domestik yang menuju ke berbagai kota di Indonesia," katanya.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat, tercatat sebanyak 125 pesawat udara yang berangkat dan 120 pesawat udara yang tiba di Bandara Ngurah Rai.

Taufan menjelaskan untuk penumpang yang meninggalkan Bali, didominasi oleh penumpang yang menuju ke sejumlah kota besar di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta yang telah selesai mengisi waktu liburnya di Pulau Dewata.

"Kemarin kami perkirakan menjadi puncak arus balik karena kemarin memang hari terakhir liburan dan hari ini perkantoran juga sudah mulai masuk kerja," imbuhnya.

Ia menambahkan arus balik penumpang masih akan terus terjadi. Hari ini diprediksi trafik penumpang di terminal keberangkatan domestik akan mencapai lebih dari tujuh ribu orang penumpang.

Untuk trafik penumpang kedatangan domestik selama Posko Monitoring Angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali periode 18 Desember 2020 sampai 3 Januari 2021 tercatat sebanyak 105.830 penumpang masuk Bali.

"Pada periode sama kami mencatat untuk trafik penumpang keberangkatan domestik ada sebanyak 123.323 orang penumpang keluar Bali melalui Bandara Ngurah Rai," tandas Taufan.

[Gambas:Video CNN]



(bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK