Bio Farma Klaim Punya Cukup Ruang Pendingin Vaksin Corona

CNN Indonesia | Selasa, 12/01/2021 16:25 WIB
Bio Farma mengklaim punya ruang pendingin bersuhu 2-8 derajat celcius untuk menyimpan vaksin corona. Pendingin juga sudah terstandardisasi. Bio Farma mengklaim punya pendingin bersuhu 2-8 derajat celsius untuk menyimpan vaksin corona. Ilustrasi. (iStockphoto/Vladans).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan ruang pendingin (cold room) milik perseroan untuk menyimpan vaksin covid-19 mencukupi. Ia menjelaskan ruangan tersebut memiliki suhu 2-8 derajat celsius.

"Dari semua rencana vaksinasi dan kebutuhan dosis vaksin covid-19, cold room kami masih ada kapasitas lebih untuk pastikan semua vaksin disimpan pada sistem terstandardisasi," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi IX, Selasa (12/1).

Ia menjelaskan perusahaan farmasi pelat merah itu memiliki 10 ruangan pendingin. Dari jumlah tersebut, Bio Farma menyiapkan 4 ruangan pendingin untuk vaksin covid-19 dengan kapasitas lebih dari 8 juta vial. Dimana dalam 1 vial terdiri dari 10 dosis vaksin covid-19.


Selain itu, Bio Farma juga menggunakan teknologi untuk memantau penyimpanan vaksin tersebut. Tujuannya untuk memastikan kualitas vaksin covid-19 sesuai standar.

"Kami pastikan selama disimpan pada cold room Biofarma semua vaksin disimpan pada standar tertentu yang bisa dilihat di manapun untuk memastikan tidak ada kejadian luar biasa, misalnya ada perubahan suhu yang sebabkan vaksin tidak sesuai standar," jelasnya.

Saat ini, Indonesia telah mendatangkan 3 juta dosis vaksin covid-19 jadi dari Sinovac, China. Selain vaksin covid-19 jadi, Indonesia juga mendatangkan bahan baku vaksin corona dari Sinovac dalam bentuk bulk.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK