Sandiaga Mau Bikin Satgas Toilet Buat Kerek Daya Tarik Wisata

CNN Indonesia
Kamis, 14 Jan 2021 21:25 WIB
Menparekraf Sandiaga menilai kebersihan toilet dapat mencerminkan baik buruknya tempat wisata. Menparekraf Sandiaga menilai kebersihan toilet dapat mencerminkan baik buruknya tempat wisata. (Dok. Kemenparekraf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berencana membentuk satuan tugas (satgas) toilet nasional sebagai salah satu bagian untuk meningkatkan daya tarik pariwisata nasional.

Sandi juga mengatakan satgas tersebut jawabannya atas pesan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjdaitan yang ingin agar toilet di tempat wisata dibenahi.

"Waktu saya bilang satgas toilet nasional itu banyak sekali yang daftar, termasuk ibu saya dan istri saya karena kalau ke tempat baru itu mereka selalu mengecek kebersihannya," ucapnya dalam rapat bersama komisi X, Kamis (14/1).


Tak hanya merepresentasikan baik buruknya tempat pariwisata, Sandiaga menilai kebersihan toilet juga merupakan langkah awal untuk memulai lompatan besar di sektor pariwisata.

"Jadi sebetulnya revolusi kita, termasuk revolusi mental, revolusi pariwisata, adalah saya beranggapan bermulanya di toilet itu dua atau tiga tempat yang kita kunjungi tiap hari tanpa bisa diwakilkan," tuturnya.

Di samping itu, Sandiaga juga menyoroti masalah toilet tempat wisata yang menarik bayaran. Menurutnya toilet gratis yang bersih lebih baik dan karena itu harus diprogramkan.

[Gambas:Video CNN]

Nantinya, satgas toilet nasional juga diminta untuk memperhatikan budaya dan kearifan lokal masyarakat. Ini terkait dengan cara penggunaan toilet yang bisa jadi berbeda-beda di setiap daerah.

"Toilet harus bayar di tempat wisata, masa 75 tahun merdeka ke toilet aja harus bayar. Ini nanti saya mau ngomong sama Bu Wamen sama Pak Sesmen. Apa kita bisa buatkan program," tandasnya.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER