Manajemen Kartu Prakerja: Pesan Gelombang 12 Dibuka, Hoaks

CNN Indonesia | Minggu, 17/01/2021 19:47 WIB
Manajemen pengelola kartu prakerja memastikan pesan yang belakangan beredar berisi informasi pendaftaran gelombang ke-12 adalah hoaks. Ilustrasi. Warga membuka laman www.prakerja.go.id untuk mendaftar. (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menyatakan pesan yang beredar di masyarakat berisi informasi pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-12 telah dibuka, adalah hoaks.

Menurut Louisa, pesan tersebut diedarkan dengan tujuan mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi pendaftar.

"Satu minggu belakangan ini beredar pesan bahwa gelombang 12 program Kartu Prakerja telah dibuka. Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi," terang Louisa melalui pesan singkat, Minggu (17/1).


Berangkat dari itu, lanjut dia, manajemen pelaksana kartu prakerja pun mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak terkonfirmasi kebenarannya.


Dia pun menegaskan, situs resmi Kartu Prakerja adalah www.prakerja.go.id dan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan diumumkan melalui media massa dan media sosial resmi Kartu Prakerja seperti Instagram serta Facebook dengan nama akun @prakerja.go.id.

Sebelumnya, Louisa memastikan pendaftaran Kartu Prekerja akan kembali dibuka pada 2021 ini. Sayangnya, ia belum bisa memastikan kapan pembukaan dilaksanakan. Pasalnya, PMO masih menunggu arahan langsung dari Komite Cipta Kerja.

"Jadwal pendaftaran dan mekanisme program akan diputuskan oleh Komite Cipta Kerja. Begitu sudah ada keputusan akan segera kami umumkan," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/1).

Meski belum ada kepastian mekanisme pendaftaran tahun ini, secara umum, ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi saat hendak mendaftar program Kartu Prakerja.

Pertama, calon peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan di tingkat sekolah maupun universitas.

Kedua, calon peserta wajib mendaftar di situs resmi wwww.prakerja.go.id melalui laptop maupun smartphone.

Ketiga, siapkan nomor Kartu Keluarga dan nomor induk kependudukan (NIK).

Keempat, mengisi data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun atau tahapan verifikasi akun.

Infografis Pro Kontra Program Kartu PrakerjaInfografis Pro Kontra Program Kartu Prakerja. (CNN Indonesia/Timothy Loen)

Kelima, calon peserta perlu mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara daring, guna mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta.

Keenam, setelah kelar mengerjakan serangkaian tes, maka calon peserta hanya perlu klik tombol 'gabung' pada gelombang yang dibuka.

Ketujuh, calon peserta hanya perlu menunggu pengumuman melalui SMS di nomor masing-masing calon peserta yang telah terdaftar.

(mts/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK