Erick Thohir Buka Rahasia Saham BUMN Diminati, Saingi LQ45

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 06:04 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut saham-saham BUMN diminati karena good corporate governance dan prospek proyek di masa depan. Menteri BUMN Erick Thohir mengklaim saham-saham BUMN diminati karena good corporate governance dan prospek proyek di masa depan. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir mengklaim saham perusahaan pelat merah yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) semakin diminati oleh masyarakat. Bahkan, berhasil menyaingi saham-saham di indeks LQ45 yang merupakan saham dengan kapitalisasi tertinggi di pasar modal Tanah Air.

"Alhamdulillah kemarin saham-saham BUMN sangat positif di bursa dan ini pertama kali saham BUMN lebih tinggi dari LQ45. Ini hal positif dan apresiasi dari pasar secara langsung," kata Erick saat rapat bersama Komisi VI DPR di Gedung DPR/MPR, Rabu (20/1).

Erick pun membagi rahasia kinerja ciamik dari saham-saham BUMN. Pertama, publik semakin percaya dengan kebijakan good corporate governance yang diterapkan oleh pemerintah kepada seluruh BUMN saat ini.


Kedua, ia mengklaim hal ini merupakan 'buah manis' dari prospek proyek-proyek BUMN di masa depan. Salah satunya, rencana membangun pabrik baterai listrik terbesar di Indonesia.

Menurutnya, pembangunan pabrik baterai listrik di satu sisi akan menggerus bisnis PT Pertamina (Persero) yang menyediakan bahan bakar minyak (BBM) untuk mobilitas transportasi masyarakat.

Namun, di sisi lain, proyek ini memberikan kemajuan dari sisi teknologi yang lebih ramah lingkungan, hemat, dan efisien kepada masyarakat di masa mendatang.

"Makanya, kami melakukan juga strategi jangka panjang untuk masing-masing BUMN, terbukti orang percaya," tuturnya.

Dalam beberapa waktu terakhir, saham-saham BUMN memang menunjukkan kinerja yang cukup baik.

Utamanya didominasi oleh saham PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(uli/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK