Perusahaan Pengiriman Bahan Makanan PHK 1.800 Pekerja

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 09:35 WIB
Instacart, perusahaan pengiriman bahan makanan di AS, mem-PHK 1.800 pekerjanya di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi covid-19. Instacart, perusahaan pengiriman bahan makanan di AS, mem-PHK 1.800 pekerjanya di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi covid-19. Ilustrasi. (iStockphoto/Chainarong Prasertthai).
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan pengiriman barang belanja bahan makanan di Amerika Serikat (AS), Instacart, memutuskan hubungan kerja (PHK) dengan 1.800 pekerjanya, termasuk buruh yang tergabung dalam satu-satunya serikat pekerja perusahaan.

Keputusan ini merupakan imbas dari perubahan model bisnis perusahaan, seperti kerja sama dengan pihak ketiga. Keputusan itu berdampak pada kerja sama perusahaan dengan pedagang grosir, seperti Kroger dan Mariano.

Walau jasa pengiriman bahan makanan ke rumah mengalami kenaikan, namun pemenuhan kebutuhan akan dilakukan oleh pekerja supermarket, bukan pekerja Instacart.


"Sebagai dampak dari beberapa pedagang grosir yang beralih ke model 'Pilihan Mitra', kami akan menghentikan operasi di dalam toko di lokasi pengecer tertentu selama beberapa bulan mendatang," terang Instacart dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN Business, Jumat (22/1).

Dalam sebuah pernyataannya, Juru Bicara Kroger menyebut bahwa perusahaan keluarga Kroger tidak mengambil bagian dari keputusan Instacart untuk menghentikan operasi model in-store.

Instacart memiliki kurang dari 10 ribu pekerja paruh waktu yang berhak atas tunjangan dan perlindungan yang sebagian besar harus diperjuangkan karena hak tersebut tidak dicantumkan dalam kontrak, termasuk hak untuk berserikat.

Para pekerja di daerah Skokie, Illinois, membentuk satu-satunya kelompok pekerja Instacart yang menuntut serikat kerja. Mereka merasa frustrasi karena perusahaan menggunakan algoritma untuk melakukan penilaian kepada pekerja dan berfokus pada kecepatan.

Instacart yang menambah ratusan pekerja paruh waktu selama pandemi covid-19 memperjelas hubungannya dengan beberapa toko grosir dengan mengorbankan mata pencarian sebagian pekerjanya.

Hal ini sekaligus menjadi sorotan lemahnya perlindungan serikat pekerja di industri teknologi secara luas.

"Sebagai serikat pekerja toko grosir Instacart di wilayah Chicago dan pekerja toko bahan makanan di seluruh negeri, UFCW menyerukan kepada Instacart untuk segera menghentikan rencana ini dan mengutamakan kesehatan pelanggan mereka dengan melindungi pekerjaan para pekerja saat komunitas kami membutuhkannya," kata Presiden Internasional UFCW Marc Perrone dalam sebuah pernyataan.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK