Erick Thohir Angkat Budiman Sudjatmiko Jadi Komisaris PTPN V

CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 18:28 WIB
Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko diangkat menjadi Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara V. Budiman Sudjatmiko diangkat menjadi Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara V.. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat politikus PDIP Budiman Sudjatmiko menjadi Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V).

Hal itu terungkap dari salah satu unggahan akun Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa @jatmikosantosa pada Jumat (22/1).

"Welcome aboard Mas Chief @budimansudjatmiko_ selaku Komisaris Independen di PTPN V 🙏🙏,," ujar Jatmiko dalam unggahannya.


Dalam unggahan itu, Jatmiko melampirkan ucapan selamat dari komisaris, direksi, sevp, dan karyawan PTPN V atas diangkatnya Budiman.

Budiman merupakan pria kelahiran Cilacap, Jawa Tengah pada 10 Maret 1970. Ia merupakan politisi PDIP yang pernah menyusun Undang-Undang Desa dan mendirikan gerakan Inovator 4.0 Indonesia.

Ia juga dikenal sebagai salah satu aktivis reformasi pada masa Orde Baru. Ia pernah diduga dikambinghitamkan dalam peristiwa penyerbuan kantor PDI dan kemudian divonis dengan hukuman 13 tahun penjara pada 1996 silam. 

Secara terpisah, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan Budiman merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat desa. Hal ini cocok dengan PTPN V yang banyak berhubungan dengan petani plasma.

[Gambas:Instagram]

"Mas Djatmiko ini adalah mantan anggota DPR yang memang kuat berhubungan dengan desa. Kita tahu, UU Desa saja beliau yang menggagas. Kami melihat beliau mampu untuk mengorganisir masyarakat desa," ujar Arya.

Lebih lanjut, Arya juga berharap, dukungan Budiman akan meningkatkan kualitas dari plasma ke depan.

"Beliau bisa men-support, berhubungan dengan masyarakat desa yang di plasma ini," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(uli/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK