Luhut Sebut Tesla Sampaikan Proposal Investasi ke RI Besok

CNN Indonesia | Rabu, 03/02/2021 17:29 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menyatakan Tesla akan menyampaikan proposal investasi ke Indonesia pada hari ini atau Kamis (4/2) besok. Luhut Panjaitan mengklaim Tesla akan menyampaikan proposal investasi ke pemerintah RI hari ini atau Kamis (4/2) besok. Ilustrasi. (AP/Paul Sakuma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menyatakan Tesla akan memberikan proposal rencana investasi ke pemerintah Indonesia pada hari ini atau Kamis (3/2) besok.

"Saya pikir hari ini atau besok kami akan menerima proposal dari mereka (Tesla)," ucap Luhut dalam Dialog Tantangan dan Optimisme Investasi pada 2021, Rabu (3/2).

Luhut menyatakan pemerintah dan Tesla sudah menandatangani non disclosure agreement (NDA). Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut terkait nilai investasi dan bisnis apa saja yang akan dibangun Tesla di Indonesia.


"Kami tahu berapa besarnya, kami tidak bisa membuka terlalu detail ke publik. Tapi kami sudah enam kali ber-video call dan NDA sudah selesai ditandatangani," jelas Luhut.

Sebelumnya, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan perwakilan Tesla membatalkan kunjungannya ke Indonesia pada Februari 2021. Hal ini karena aturan pembatasan kedatangan warga negara asing (WNA).

Namun, ia menekankan tim Tesla hanya menunda kedatangannya ke Indonesia. Menurut Jodi, Tesla masih menunggu aturan pembatasan kunjungan WNA dicabut.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengundang CEO Tesla Elon Musk untuk berinvestasi di Indonesia. Ia mengajak Musk berinvestasi di bidang mobil listrik dan sebagai lokasi bantalan peluncuran (launching pad) Space X.

[Gambas:Video CNN]

Ajakan itu disampaikan Jokowi saat melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Musk pada Jumat (11/12). Dalam pembicaraan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam keterangan itu, Musk disebut menanggapi undangan Jokowi. Rencananya, Musk akan mengirimkan timnya ke Indonesia untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK