Menteri Basuki Akan Ganti 38 Jembatan 'Tua' di Jawa Tengah

CNN Indonesia | Senin, 08/02/2021 07:17 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mengganti 38 jembatan tua di Jawa Tengah. Jembatan tersebut sudah dibangun sejak 1970-1980. Kementerian PUPR akan mengganti 38 jembatan tua di Jawa Tengah supaya tidak membahayakan. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono akan mengganti jembatan lama di Jawa Tengah yang dibangun sejak 1970-1980.

Rencana itu disampaikannya usai meninjau penanganan Jembatan Rembun II A di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah yang mengalami kerusakan, Minggu (7/2) kemarin.

Basuki menambahkan berdasar perhitungannya ada sekitar 38 jembatan dengan kriteria tersebut yang akan diganti.


"Untuk jembatan-jembatan tersebut akan kami programkan untuk diganti," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Senin (8/2).

Sebagai informasi, Jembatan Rembun II A dibangun sejak 1977. Jembatan itu merupakan penghubung Jalur Pantai Utara (Pantura) di Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan.

Jembatan yang memiliki panjang 50 meter tersebut, rangkanya patah usai dilintasi kendaraan berat bermuatan baja pada Kamis (4/2) pukul 19.30 lalu.

Akibat kerusakan itu, sebagian badan jembatan miring 30 derajat. 

[Gambas:Video CNN]

Basuki meminta jajarannya agar jembatan itu segera diperbaiki agar konektivitas yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dan Pemalang bisa kembali normal.

"Untuk Jembatan ini (Rembun IIA) yang dibangun sejak tahun 1977 akan kita ganti dengan yang baru rangka baja bentang 50 meter dan lebar 9 meter. Adapun Kontraktor pelaksana PT. Wijaya Karya dan akan selesai selama 45 hari," katanya.

(Antara/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK