Jadwal Baru Kereta Bandara Soekarno Hatta per 10 Februari

CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 13:34 WIB
PT Railink memberlakukan jadwal kereta bandara baru untuk tujuan Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Kualanamu mulai Rabu (10/2). PT Railink memberlakukan jadwal kereta bandara baru untuk tujuan Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Kualanamu mulai Rabu (10/2). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Railink mulai memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 pada hari ini, Rabu (10/2). Hal tersebut berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan kereta bandara baik di Bandara Soekarno-Hatta maupun Bandara Kualanamu.

Pemberlakuan Gapeka 2021 ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

"Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka ada perubahan pada waktu keberangkatan KAI Bandara Soekarno-Hatta dan KAI Bandara Kualanamu," tulis Railink lewat akun resmi twitternya @RailinkARSRabu (10/2).


Perubahan jadwal membuat keberangkatan KAI Bandara Soekarno-Hatta menjadi lebih awal yaitu pukul 05:37 WIB dari Stasiun Manggarai dan perjalanan berakhir pada pukul 18:49 WIB dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan untuk jumlah perjalanan masih tetap sama yaitu 40 perjalanan pergi-pulang.

Sementara, jadwal keberangkatan KAI Bandara Kualanamu paling awal menjadi pukul 05.00 WIB dari Medan dan keberangkatan terakhir pukul 19.15 WIB dari Kualanamu. Jumlah perjalanan pun masih sam yakni 20 perjalanan.

Dalam keterangan resminya, Plt Direktur Utama Railink Mukti Jauhari menegaskan pengguna kereta api bandara tidak perlu menggunakan surat rapid test. Namun, pelanggan diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun di dalam perjalanan.

Kemudian, menjaga jarak minimal 1 meter atau mengikuti tanda/marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas, melakukan pengecekan suhu, rutin cuci tangan, buang sampah pada tempatnya dan hindari menyentuh wajah.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, pelanggan juga diminta mengurangi kontak fisik, antrian dan waktu tunggu di masa pandemi. Railink juga menyediakan alternatif bagi pelanggan untuk membeli tiket kereta bandara secara online melalui aplikasi, website atau mitra Railink.

Saat ini, Railink juga menyediakan sistem 'Tap and Go' yakni sistem tap menggunakan kartu uang elektronik bank (BNI, BCA, BRI dan Bank DKI) serta KMT (Kartu Multi Trip). Hal ini diharapkan dapat memberi kemudahan serta kenyamanan bagi pelanggan KA Bandara Railink.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK