Luhut Gandeng Perusahaan Swiss Garap Proyek Toilet Danau Toba

CNN Indonesia | Minggu, 14/02/2021 19:54 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan destinasi wisata perlu membenahi toilet dan akses air bersih guna meningkatkan daya tarik wisatawan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengaku telah menggandeng perusahaan asal Swiss, Mister Loo untuk menggarap proyek toilet dan air bersih berstandar internasional di area-area wisata Danau Toba, Sumatera Utara (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengaku telah menggandeng perusahaan asal Swiss, Mister Loo untuk menggarap proyek toilet dan air bersih berstandar internasional di area-area wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

"Dan sekarang kita kontrakkan kepada namanya Mister Loo. Mister Loo yang punya organisasi secara internasional ngurus WC," kata Luhut dalam keterangannya di media sosial Instagram resminya luhut.panjaitan, Minggu (14/2).

Mister Loo sendiri merupakan perusahaan asal Swiss yang bergerak di bidang penyediaan toilet bersih yang diklaim memiliki teknologi dan fasilitas mutakhir dan inovatif.


Luhut merinci sudah ada 25 toilet baru yang dibangun dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) berbagai perusahaan. Namun, ia mengatakan pengelolaan dan proyek toilet itu akan dilakukan oleh Mister Loo.

Ia berpikir seindah apapun sebuah destinasi wisata, akan berkurang keindahannya bila tidak ada toilet dengan akses air bersih yang baik.

"Tempat-tempat spot turis itu kalau tidak ada WC tidak ada air tidak ada gunanya," kata dia.

Luhut mengatakan kawasan wisata yang toilet umumnya baru diperbaiki bertempat di Dolok Sipiak. Ia mengatakan destinasi wisata ini sempat dikunjungi oleh Raja Belanda, Willem-Alexander pada tahun lalu. Kala itu, ia mengatakan fasilitas toiletnya masih buruk.

"Sekarang udah ada toilet di sana, airnya ada, dan dikelola secara profesional," ungkap Luhut.

Luhut berharap pembangunan toilet dengan standar internasional ini akan rampung seiring dengan pembangunan pelbagai proyek strategis nasional di wilayah tersebut. Baik pembangunan jalan tol, pelabuhan hingga pembenahan spot wisata lainnya.

"Itu berjalan sehingga kita berharap 25 toilet bersamaan selesainya nanti dengan semua tadi dari mulai Dermaga Porsea Balige dan seterusnya ini," kata Luhut.

(rzr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK