Masih Pandemi, Wapres Sebut Kepercayaan Pengusaha Belum Pulih

CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 03:43 WIB
Wapres Ma'ruf Amin menyebut kunci perbaikan ekonomi ada pada penuntasan pandemi Covid-19, karena jika itu tuntas pengusaha akan lebih menggeliat. Wapres Ma'ruf Amin menyebut confident level para pengusaha masih rendah karena pandemi. (Foto: Setwapres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan penyebab ekonomi Indonesia belum bisa bangkit adalah karena kepercayaan pengusaha yang belum pulih akibat pandemi Covid-19.

"Kalau masalah pandemi ini bisa kita atasi, pasti ekonomi kita bisa naik. Kenapa ekonomi kita belum, sekarang sudah baik, kenapa belum bisa bangkit? Karena memang kepercayaan para pengusaha ini belum pulih, confident level belum kembali, karena masih ada pandemi," kata Ma'ruf dalam wawancara eksklusif dengan CNN TV, Selasa(16/2) malam.

"Oleh karena itu, pandemi harus kita selesaikan dan ekonominya nanti akan naik," imbuh dia.


Ia mengatakan, dalam penanganan Covid-19, pemerintah melakukan tiga upaya pendekatan, yakni protokol kesehatan, penerapan pembatasan, dan vaksinasi.

Semua upaya itu, menurut dia, harus didukung oleh seluruh pihak. Ia meminta agar jangan ada masyarakat yang justru membuat provokasi sehingga menghambat penanganan pandemi.

"Provokasi itu justru membuat orang tidak percaya, misalnya jangan mau divaksin, tidak perlu gunakan masker, tidak perlu taat pembatasan. Kalau ini diprovokasi, rakyat tidak patuh, saya kira sasaran yang kita siapkan juga tidak akan berhasil," ucap dia.

Ma'ruf pun meyakini, jika ada dukungan dari masyarakat, dalam kurun waktu satu tahun, Indonesia bisa pulih dari pandemi Covid-19.

"Kalau semua mendorong, membantu dan kerja sama, saya yakin akan cepat pulih, dalam target satu tahun, bahkan tidak sampai satu tahun, sudah mulai kembali ini, tetapi semua orang harus kerjasama untuk kepentingan nasional, utamakan kepentingan nasional," ujar dia.

(yoa/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK