Intip Insentif Kartu Prakerja Gelombang 12

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 14:08 WIB
Pemerintah melanjutkan program Prakerja tahun ini yang telah masuk di Gelombang 12. Simak total insentif Kartu Prakerja Gelombang 12 berikut rinciannya. Pemerintah melanjutkan program Prakerja tahun ini yang telah masuk di Gelombang 12. Simak total insentif Kartu Prakerja Gelombang 12 berikut rinciannya. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendaftaran Kartu Prakerja tahun 2021 telah masuk gelombang 12.

Program Prakerja ini diperpanjang lantaran masuk dalam klaster Perlindungan Sosial guna menjaga daya beli penerima yang umumnya berasal dari kelompok masyarakat menengah yang terdampak Covid-19.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran awal Kartu Prakerja pada paruh pertama 2021.


"Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600 ribu peserta, dan target 2,7 juta penerima dapat didanai dengan anggaran Rp10 triliun," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (23/2).


Insentif Kartu Prakerja Gelombang 12

Ilustrasi uang bantuan dari pemerintah sebesar 600 ribu rupiah bagi pekerja bergaji Di bawah 5 juta rupiah. CNN Indonesia/Safir MakkFoto: CNN Indonesia/ Safir Makki
Ilustrasi Insentif Kartu Prakerja Gelombang 12

Program Kartu Prakerja selama semester I tahun ini akan tetap menggunakan metode semi-bansos.

Setiap peserta akan mendapatkan total besaran manfaat dari Kartu Prakerja Gelombang 12 sebesar Rp3,55 juta, dengan rincian sebagai berikut.

  • Besaran dana bantuan pelatihan Rp1 juta
  • Insentif pasca-pelatihan total Rp2,4 juta (masing-masing Rp600 ribu tiap bulannya selama 4 bulan)
  • Insentif survei total Rp150 ribu, (masing-masing Rp50 ribu tiap satu kali survei sebanyak 3 kali).

Dana pelatihan senilai Rp1 juta akan ditransfer ke akun peserta. Sementara insentif pasca-pelatihan diberikan secara nontunai melalui rekening bank atau dompet elektronik pilihan peserta.

Khusus untuk dompet digital, pemerintah telah bekerja sama dengan Gopay, LinkAja, OVO, dan Dana.

Sementara itu, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu belum bisa memastikan jumlah kuota penerima Kartu Prakerja hingga akhir 2021. 

Ia menjelaskan total anggaran yang direncanakan pemerintah untuk program Prakerja tahun ini pun masih berpeluang untuk berubah. Karena itu, pihaknya belum dapat memastikan berapa target kuota penerima program Prakerja di semester kedua.

"Masih menunggu kepastian anggaran," jelasnya.

Meski demikian, ia memastikan manajemen pelaksana akan berupaya agar jumlah penerima manfaat tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya yang mencapai 5,5 juta orang.

"Tahun 2020 tanpa menggunakan pendekatan kuota sudah banyak orang yang bekerja di sektor pariwisata yang menjadi penerima Kartu Prakerja. Usaha lebih akan kami lakukan agar lebih banyak lagi yang bisa bergabung pada 2021 ini," tegasnya.

Untuk mendaftar program Prakerja maupun informasi lebih lanjut mengenai insentif Kartu Prakerja Gelombang 12 dan lainnya, bisa mengakses laman resmi prakerja.go.id.

Selain itu, pemerintah menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program kartu prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail di [email protected] Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK