Luhut: Herd Immunity Bisa Dicapai Dalam Waktu Dekat

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 15:29 WIB
Menko Luhut B Panjaitan meyakini kekebalan kelompok atau herd immunity secara nasional dapat tercapai dalam waktu dekat ini. Menko Luhut B Panjaitan meyakini kekebalan kelompok atau herd immunity secara nasional dapat tercapai dalam waktu dekat ini. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan optimistis 70 juta orang sudah disuntik vaksin corona hingga Juli mendatang. Ia bahkan yakin herd immunity atau kekebalan kelompok tercapai dalam waktu dekat sesuai target.

"Kami berpikir, di kabinet, ada dua (opini). Ada yang bilang Juli atau Agustus. Saya dan tim, kami confident (percaya diri), Juli kita bisa dapat 70 juta vaksinasi," terang dia dalam acara CNBC Economic Outlook 2021, Kamis (25/2).

Pemerintah menargetkan program vaksinasi mencapai 500 ribu penerima per hari pada Maret dan 700 ribu per hari pada April. Jika target ini terealisasi, Luhut yakin 70 juta orang sudah divaksinasi hingga Juli.


Menurut dia, beberapa kelompok yang sudah menerima vaksinasi, seperti petugas militer, herd immunity sudah mulai terbentuk. Ia juga meyakini kekebalan kelompok secara nasional bisa dicapai dalam waktu dekat.

"Kita very confident Juli, Agustus, kita dapat 70 juta. Disuntikkan 65 juta-70 juta, herd immunity targetnya pas. Karena hanya 13 provinsi dari 34 provinsi yang berkontribusi 83 persen covid-19 di Indonesia," tuturnya.

Luhut mengatakan efektivitas vaksinasi bisa digenjot dengan memusatkan program pada provinsi yang berpengaruh besar pada penyebaran virus. Pemerintah juga manargetkan sejumlah daerah khusus yang dinilai berkontribusi dalam perekonomian.

Salah satu yang utama adalah Bali. Ia menyebut pemerintah berupaya mewujudkan zona hijau di wilayah itu dengan vaksinasi. Tujuannya, untuk memikat wisatawan agar berani berkunjung ke sana.

Vaksinasi gratis telah dilakukan terhadap tenaga kesehatan dan sebagai pelayan publik. Hingga Rabu (24/2), Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat vaksinasi baru rampung dilakukan terhadap 825.650 orang.

[Gambas:Video CNN]



(fey/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK