Daftar Bansos Yang Akan Cair Maret Ini

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 19:33 WIB
Pemerintah akan kembali mencairkan sejumlah bansos pada Maret ini. Berikut rinciannya. Pemerintah akan kembali menggelontorkan sejumlah bansos demi membantu masyarakat yang tertekan corona pada bulan ini. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah akan mencairkan bantuan sosial (bansos), subsidi, hingga bantuan langsung tunai (BLT) per Maret 2021. Berikut daftarnya:

1. Bansos

Pada bulan ini, akan ada pencairan program sembako atau bantuan pangan non-tunai (BPNT) kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Dana yang dicairkan senilai Rp200 ribu per KPM per bulan.

2. Subsidi

Masyarakat bisa menikmati subsidi listrik pada bulan ini. Pertama, subsidi listrik gratis bagi pelanggan rumah tangga, bisnis kecil serta industri kecil berdaya 450 VA, baik yang merupakan pelanggan pra-bayar maupun pasca-bayar.


Kedua, diskon listrik untuk pelanggan rumah tangga berdaya 900 VA. Ketentuan berlaku untuk pelanggan pra-bayar maupun pasca-bayar.

Ketiga, pembebasan ketentuan rekening minimum bagi pelanggan PLN yang menggunakan listrik 40 jam. Insentif ini bisa diterima oleh pelanggan golongan sosial, bisnis, dan industri dengan daya 1.300 VA ke atas.

Keempat, bebas ketentuan rekening minimum bagi pelanggan golongan khusus sesuai surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL). Kelima, pembebasan biaya beban (abonemen) bagi pelanggan sosial berdaya 220 VA, 450 VA, dan 900 VA serta pelanggan bisnis dan industri 900 VA.

[Gambas:Video CNN]

3. BLT

BLT yang cair pada bulan ini adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) melalui PT Pos kepada 10 juta KPM. Pencairannya Rp300 ribu per KPM per bulan.

Selain itu, ada juga pencairan insentif Kartu Prakerja gelombang 12 yang belum lama dibuka. Pencairan dana sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan dan biaya pelatihan Rp1 juta.

(uli/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK