Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 13

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 09:28 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 akan dibuka pada pukul 12.00 WIB, Kamis (4/3). Berikut cara mendaftarnya. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 akan dibuka pada pukul 12.00 WIB, Kamis (4/3). (ANTARA FOTO/Moch Asim).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 secara resmi akan dibuka hari ini (4/3), pada pukul 12.00 WIB. Program ini akan menyaring 600 ribu orang untuk gelombang terakhir.

Program Kartu Prakerja memberikan kesempatan bagi pencari kerja, karyawan yang sudah bekerja, korban PHK, dan pelaku usaha mikro dan kecil yang ingin mendapatkan pelatihan dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp2,4 juta.

Sebelum mendaftar program Kartu Prakerja, setiap calon peserta diharapkan memenuhi beberapa syarat berikut ini:


1. Berkewarganegaraan Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas

2. Merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha

3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

4. Belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya. Jumlah anggota keluarga per KK yang menerima Kartu Prakerja tak lebih dari dua.

5. Bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD

6. Belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Setelah memenuhi syarat tersebut, peserta harus mengikuti tata cara pendaftaran. Untuk diketahui, program Kartu Prakerja saat ini hanya dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

Prosesnya, pertama, peserta membuat akun melalui laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil mendaftar akun dan login ke akun, peserta akan masuk ke dashboard akun.

Pada bagian verifikasi KTP, peserta harus mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik tombol berikutnya.

[Gambas:Video CNN]

Kedua, setelah lolos verifikasi NIK, peserta diminta untuk melengkapi data diri dan mengunggah foto KTP. Selanjutnya, peserta diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone.

Ketiga, peserta diminta untuk mengisi sejumlah pernyataan. Keempat, calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO.

Setelah mengisi gelombang, akan muncul persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik kolom saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Keempat, pengumuman peserta yang diterima. Kelima, peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja.Kemudian, peserta mengikuti pelatihan daring sesuai pilihan.

Pemerintah menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program Kartu Prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 08001503001 dan e-mail [email protected] Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK