Rp150 T Kabur dari RI Akibat Hobi Plesir ke Luar Negeri

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 06:08 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan uang Rp150 triliun kabur ke luar negeri per tahun akibat hobil plesir masyarakat Indonesia ke luar negeri. Sandiaga Uno menyebut uang Rp150 triliun kabur dari Indonesia per tahun akibat kegemaran masyarakat plesiran ke luar negeri. ((CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan setiap tahunnya sektor pariwisata nasional kehilangan Rp150 triliun. Itu terjadi akibat kegemaran masyarakat plesir ke luar negeri dibanding ke destinasi wisata domestik.

"Jadi ada Rp150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena kita hobi berlibur ke luar negeri," ujarnya dalam Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3).

Menurut Sandi hal tersebut bisa terjadi lantaran selama ini wisatawan domestik kurang digenjot untuk menggenjot pariwisata.


"Kita terlalu asik mengejar apa yang Thailand, mungkin Malaysia, dari jumlah wisatawannya tapi kita terlupa dengan wisatawan domestik," imbuhnya.

Padahal katanya, Indonesia punya 55 juta lebih kelas menengah dan menengah atas yang mampu menyaingi wisatawan mancanegara negara.

"Mereka bisa melakukan spending dan length of stay yang menyaingi kualitas wisatawan mancanegara," tuturnya.

Sandiaga juga menuturkan sebelum pandemi kontribusi pariwisata Indonesia terhadap PDB masih terbilang kecil yakni hanya 4,9 persen.

[Gambas:Video CNN]

Sementara devisa dari sektor pariwisata juga masih di angka US$17,6 miliar atau di bawah target US$20 miliar. Di sisi lain,  kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 16,1 juta orang.

Karena itu lah, menurut Sandiaga, pandemi covid-19 harus jadi momentum untuk mengubah pola pikir pemerintah dalam menggenjot pariwisata domestik.

"Ini mengarah kepada more quality and more sustainable tourism and development of creative economy," tuturnya.

(hrf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK