SWF Akan Biayai Pembangunan LRT dan MRT 5 Kota di Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 09:28 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menyiapkan rencana pembangunan MRT dan LRT di lima kota, yaitu Bali, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar, melalui dana abadi. Menhub Budi Karya Sumadi menyiapkan rencana pembangunan MRT dan LRT di lima kota, yaitu Bali, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar, melalui dana abadi. (Muchlis Jr - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah menyiapkan rencana pembangunan mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT) di lima kota di Indonesia, yakni Bali, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Ia menyebut kelima proyek tersebut akan didanai lewat skema dana abadi Indonesia atau Sovereign Wealth Fund (SWF). Namun, Budi tidak merinci target kapan proyek akan mulai dibangun.

"Pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas bagi Indonesia seperti rencana jangka panjang 2020-2024," katanya pada webinar Kemenhub bertajuk Peluang Pendanaan SWF Untuk Percepatan Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Indonesia, dikutip pada Jumat (5/3).


Dia menyebut proyek-proyek mega tersebut tidak akan dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau dari BUMN karena kemampuan finansial yang kian terbatas.

Oleh karena itu, SWF dinilai menjadi skema yang tepat untuk mengawinkan minat investasi asing dengan kebutuhan pembangunan infrastruktur RI.

Bahkan, ia menyebut jika tak ada Indonesia Investment Authority (INA), sejumlah proyek strategis nasional yang sudah dicanangkan hingga 2024 bakal terancam tertunda akibat pandemi.

Inilah yang menjadi alasan urgensi pembentukan INA yang dikepalai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

"Dengan kondisi saat ini, sejumlah proyek strategis nasional terancam tertunda akibat pandemi, karenanya ini menjadi alasan urgensi pembentukan INA," terang Budi.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK