7 Tips Lolos Prakerja Gelombang 13

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 14:59 WIB
Bagi calon pendaftar, simak tips lolos Prakerja gelombang 13 berikut agar peluang mendapat manfaat Kartu Prakerja semakin terbuka lebar. Bagi calon pendaftar, simak tips lolos Prakerja gelombang 13 berikut agar peluang mendapat manfaat Kartu Prakerja semakin terbuka lebar. (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program Kartu Prakerja Gelombang 13 telah resmi dibuka dan menerima pendaftaran hingga beberapa hari ke depan.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan biasanya setiap gelombang program Prakerja dibuka selama 4-5 hari. Untuk itu, ia berpesan kepada calon pendaftar untuk melakukan pendaftaran dengan benar dan cermat.

"Pembukaan gelombang ini akan dilakukan beberapa hari, jadi masyarakat tidak perlu melakukannya secara tergesa-gesa hari ini semua. Proses seleksi Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang. Jadi tidak berdasarkan siapa cepat dia dapat," ujar Louisa dalam pesan tertulis, Kamis (4/3).


Bagi calon pendaftar, simak tips lolos Prakerja gelombang 13.

1. Memenuhi syarat

Setiap calon peserta diharapkan memenuhi persyaratan antara lain, WNI minimal berusia 18 tahun ke atas; merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha; tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Kemudian, belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya. Bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.

Serta Belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).


2. Gunakan email profesional

Ilustrasi bekerja dengan laptopFoto: Unsplash
Ilustrasi. Tips lolos Prakerja gelombang 13 adalah menggunakan nama email yang profesional dan pastikan akun tersebut aktif.

Pastikan menggunakan email yang profesional untuk mendaftar akun demi menunjang kredibilitas calon pendaftar.

Buatlah alamat email dengan nama asli, tidak perlu ditambahkan kata-kata atau simbol tak lazim.

Dengan email sederhana, artinya Anda juga menunjukkan niat untuk mendapatkan kartu Prakerja, bukan hanya untuk mengambil kepentingan pribadi saja.


3. Pastikan data yang diinput benar

Ketika melakukan registrasi, calon peserta akan diminta menginput data pribadi. Ingat, seleksi bukan berdasarkan siapa cepat dia dapat. Jika tergesa dan salah input data, bisa jadi peserta malah gugur dari seleksi awal.

Untuk itu, tips lolos Prakerja gelombang 13 selanjutnya adalah memastikan informasi yang dimasukkan benar. Lakukan pengecekan ulang semua data yang diinput sudah benar.

Termasuk nomor HP dan email seperti tanda dan simbol yang dimasukkan apakah sudah sesuai. Selain itu cek kembali apakah syarat dokumen yang di-upload seperti foto KTP sudah sesuai persyaratan.


4. Pastikan NIK dan KK sesuai

Petugas menunjukan E-KTP yang belum diambil warga di Kelurahan Menteng Dalam, Jakarta (14/9). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika
Ilustrasi. Tips lolos Prakerja gelombang 13 adalah data NIK dan KK sesuai.

Salah satu kendala yang mungkin dihadapi pendaftar Prakerja adalah ketidaksesuaian NIK dan KK saat proses input data.

Nah, jika Anda mengalami kendala tersebut, segera menghubungi Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.



7 Tips Lolos Prakerja Gelombang 13

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK