Ahok Buka Suara Soal Jokowi Pecat Petinggi Pertamina

CNN Indonesia
Rabu, 10 Mar 2021 14:13 WIB
Komut Pertamina Ahok mengatakan sebenarnya masalah penggunaan kandungan dalam negeri yang memicu Jokowi pecat petinggi diperusahaannya sudah diatur. Ahok mengatakan penggunaan komponen dalam negeri di Pertamina yang menjadi dasar Jokowi memecat petinggi di perusahaannya sebenarnya sudah ada patokannya. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok buka suara soal langkah yang dilakukan Jokowi dalam memecat petinggi di perusahaannya karena masalah barang impor. 

Kabar itu sebelumnya dibagi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Sayangnya, Ahok masih enggan mengungkap siapa pejabat yang dimaksud.

Ia juga tidak ingin memberi gambaran seperti apa pencapaian pemenuhan TKDN di Pertamina saat ini. Ia justru meminta konfirmasi ini ditanyakan langsung ke Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati karena terkait operasional.


"Bisa nanya ke dirut," ucap Ahok singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (10/3).

Kendati begitu, ia memberi sinyal bahwa sebenarnya jajaran komisaris pernah membahas persoalan TKDN kepada direksi. Khususnya terkait target pemenuhan TKDN yang harus dicapai perusahaan.

"Sudah ada angkanya (target TKDN), cek ke dirut," imbuhnya.

Redaksi turut mengonfirmasi hal ini ke Nicke. Namun, belum ada tanggapan hingga berita ini diturunkan.

Sebelumnya, Luhut mengungkapkan Jokowi pernah memecat langsung seorang pejabat Pertamina karena masalah TKDN ini. Namun, ia tidak menyebut siapa pejabat yang dimaksud dan waktu pemecatan.

"Ada pejabat tinggi Pertamina kemarin itu dipecat presiden langsung. Kamu cek aja siapa yang diganti," ujar Luhut dalam Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT 2021, kemarin. 

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER