Anies Temui Luhut, Bahas Pengembangan Wisata Kepulauan Seribu

CNN Indonesia | Rabu, 10/03/2021 19:36 WIB
Gubernur Anies menemui Menko Luhut untuk membahas pengembangan infrastruktur dan transportasi, salah satunya di kawasan Kepulauan Seribu. Gubernur Anies menemui Menko Luhut untuk membahas pengembangan infrastruktur dan transportasi, salah satunya di kawasan Kepulauan Seribu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Anies Baswedan bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Keduanya membahas tiga topik mengenai DKI Jakarta, salah satunya adalah pengembangan kawasan Kepulauan Seribu untuk sektor pariwisata.

"Ketiga, adalah pariwisata yang akan difokuskan di pengembangan kawasan Kepulauan Seribu," ujar Luhut dikutip dari akun Instagram resminya, @luhut.pandjaitan, Rabu (10/3).

Dalam unggahannya, ia menuturkan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seharusnya menjelma menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, lewat proyek-proyek padat karya. Dengan demikian, bisa menggerakkan kembali roda perekonomian.


"Kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah selayaknya harus saling sinergi untuk saling membangun. Marilah kita lepaskan ego sektoral yang ada di antara kita demi suksesnya pembangunan Indonesia yang berkelanjutan," imbuhnya.

Selain pengembangan Kepulauan Seribu, Anies juga meminta dukungan pemerintah pusat atas dua permasalahan ibu kota lainnya, yakni pengendalian banjir dan pengembangan transportasi.

Mengenai pengendalian banjir, Luhut menuturkan perlu ada pengendalian banjir di hulu, di ibu kota, aktivasi rumah pompa, dan upaya agar drainase di ibu kota berfungsi dengan baik.

"Yang tak kalah penting adalah penanganan sampah dan limbah di Jakarta dilakukan secara tepat, jika semua hal ini dilakukan secara beriringan, saya kira banjir di Jakarta bisa kita atasi," kata Luhut.

[Gambas:Video CNN]


Sementara itu, terkait dengan pengembangan transportasi, ia menilai perlu integrasi dan pembangunan trase-trase infrastruktur transportasi publik. Tujuannya, demi kemudahan mobilitas warga ibu kota dan Jabodetabek.

Pertemuan keduanya berlangsung pada pukul 09.00 WIB hari ini. Pertemuan ini merupakan salah satu dari rangkaian koordinasi Luhut dengan para kepala daerah, khususnya di bidang infrastruktur dan transportasi.

"Pak Anies adalah gubernur terakhir dari Pulau Jawa yang saya temui setelah sebelumnya saya bertukar pikiran dengan Gubernur Jateng, Jabar, Banten, Jatim, dan DIY," ujarnya.

(ulf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK