TAIPAN

Bos Telko Masiyiwa Orang Terkaya Dunia dari Zimbabwe

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Minggu, 28/03/2021 08:01 WIB
Strive Masiyiwa dinobatkan sebagai pengusaha paling berpengaruh setelah ditolak membangun bisnis telekomunikasi di negara asalnya, Zimbabwe. Strive Masiyiwa dinobatkan sebagai pengusaha paling berpengaruh setelah ditolak membangun bisnis telekomunikasi di negara asalnya, Zimbabwe. (CNN Indonesia/Fajrian).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bejibun kisah orang kaya dunia diawali dari cerita miris di masa kecil mereka. Cerita klasik mulai dari miskin, pendidikan rendah, hingga jatuh bangun meniti bisnis disiarkan berulang-ulang. Tapi, tidak demikian halnya dengan Strive Masiyiwa, satu-satunya orang terkaya di dunia yang berasal dari Zimbabwe.

Masa kecil pendiri perusahaan telekomunikasi Econet Wireless Zimbabwe ini tidak kekurangan. Bahkan, boleh dibilang Masiyiwa hidup di mimpi banyak anak-anak di dunia.

Sang ibu yang seorang pengusaha, mampu mengongkosi Masiyiwa sejak usianya masih 12 tahun untuk menempuh sekolah swasta terbaik di Edinburgh, Skotlandia.


Ketika lulus pada 1978, Masiyiwa sempat kembali ke tanah kelahirannya. Ia berniat untuk bergabung dengan pasukan gerilya anti-pemerintah.

Tujuannya, memenuhi 'panggilan' alam bawah sadarnya untuk membantu negaranya yang terus terpuruk setelah perang kemerdekaan pada 1980 silam.

Namun, nasib berkata lain, lelaki kelahiran 29 Januari 1961 itu malah kembali ke bangku sekolah dan menempuh pendidikan tinggi. Ia memperoleh gelar di bidang teknik elektro dari University of Wales pada 1983.

Ia baru kembali ke Zimbabwe pada 1984. Di sanalah, Masiyiwa mendirikan sendiri perusahaannya. Meskipun, pengalaman kerja Masiyiwa baru seumur jagung di BUMN industri komputer di Cambridge, Inggris.

Tak butuh waktu lama untuk Masiyiwa bersinar. Hanya dalam lima tahun, ia berhasil muncul sebagai salah satu pelaku industri terkemuka di Zimbabwe, dari membangun bisnis kelistrikan.

Kemudian, ketika bisnis telepon seluler atau ponsel booming, ia tak mau ketinggalan momentum. Ia pun mengekor, mengikuti arus melebarkan sayap bisnisnya ke bisnis telekomunikasi.

Sayang, bisnis diversifikasi itu pun tak semulus bayangannya. Pemerintah Zimbabwe Robert Mugabe menolak memberi Masiyiwa izin mengorbitkan Econet Wireless. Tapi, Masiyiwa bukan orang yang pasrah.

Masiyiwa mengajukan banding ke Mahkamah Konstitusi Zimbabwe dengan alasan pelanggaran kebebasan berekspresi. Ia menghabiskan 5 tahun memperjuangkan haknya untuk berbisnis di bidang telekomunikasi. Bahkan, Masiyiwa di ambang kebangkrutan saat memperjuangkan haknya.

Usahanya tidak sia-sia. Pengadilan Zimbabwe memutuskan membela Masiyiwa. Ia melenggang berbisnis, sekaligus menorehkan sejarah menghapus monopoli negara di bidang telekomunikasi.

Tangan dingin Masiyiwa membawa Econet Wireless melantai di bursa saham lokal pada 1998. Saat ini, Econet Wireless tercatat menjadi perusahaan raksasa yang mendominasi ekonomi Zimbabwe, dan membuat kekayaan Masiyiwa mencapai US$1,5 miliar.

Karena kantong tebalnya itu, Forbes mendapuknya masuk daftar orang paling tajir di dunia, satu-satunya yang berasal dari Zimbabwe.

Meskipun, di negara asalnya, Masiyiwa menduduki urutan ke-16 sebagai orang terkaya.

[Gambas:Video CNN]



HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK