Erick Thohir Jadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah

CNN Indonesia | Senin, 22/03/2021 16:43 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dilantik sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah oleh Ketua Dewan Pembina Ma'ruf Amin. Menteri BUMN Erick Thohir dilantik sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah oleh Ketua Dewan Pembina Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir dilantik sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Harian Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2023. Erick dilantik oleh Ketua Umum Dewan Pembina Pengurus Pusat MES Ma'ruf Amin.

"Dengan mengucapkan bismillah, saya melantik saudara-saudara sebagai pengurus pusat MES periode 1442-1445 H. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati kita semua amin ya rabbal alamin," ungkap Ma'ruf saat pelantikan, Senin (22/3).

Mendampingi Erick, sejumlah nama lainnya, yakni Teten Masduki sebagai Wakil Ketua Umum 1 Badan Pengurus Harian Pengurus Pusat MES, Muhammad Lutfi sebagai Wakil Ketua Umum 2, dan Bahlil Lahadalia sebagai Wakil Ketua Umum 3.


Mereka juga didampingi oleh Iggi H. Achsien sebagai Sekretaris Jenderal dan Hery Gunardi sebagai Bendahara Umum. Iggi merupakan Komisaris Independen Bank Muamalat, sedangkan Hery adalah Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia (BSI).

Ma'ruf berharap MES menjadi lokomotif pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Ia juga meminta MES menggerakkan dan mengembangkan usaha termasuk usaha mikro dan kecil baik syariah maupun konvensional.

Dengan demikian, usaha mikro dan kecil tersebut bisa menjadi bagian dari rantai industri halal baik domestik maupun global, sehingga dapat mendorong ekonomi umat.

"MES sebagai organisasi diharapkan konsisten sebagai lokomotif pengembangan ekonomi syariah di Indonesia yang diharapkan bisa lebih luwes, membumi, menyentuh umat," ujar Ma'ruf.

Wakil Presiden RI itu meminta agar MES bisa membangun kemitraan antara usaha kecil dan besar. Kemitraan tersebut mencakup pendampingan dan pembinaan dengan prinsip saling menguntungkan, membutuhkan, serta memperkuat.

"Pengurus pusat diharapkan segera menyusun rencana program kerja yang efektif, solutif, dan berdampak besar," imbuh dia.

Ia juga berharap agar MES bisa membina dan memberdayakan ekonomi pesantren, lantaran memiliki potensi besar dalam membangun dan menggerakkan ekonomi umat. Tidak kalah penting, ia mendorong MES untuk ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan umat muslim baik nasional maupun global.

Selain melantik Badan Pengurus Harian Pengurus Pusat MES, pelantikan juga mengesahkan jajaran Dewan Pembina MES, Dewan Pakar, dan Dewan Penggerak.

Dalam jajaran Dewan Pembina MES, Ma'ruf Amin bertindak sebagai Ketua Umum. Ia didampingi oleh lima wakil ketua, yakni Puan Maharani, Bambang Soesatyo, Miftachul Akhyar, Agung Firman Sampurna, dan Muliaman Hadad.

Lalu, Ketua Dewan Pakar Pengurus Pusat MES adalah Perry Warjiyo. Gubernur BI itu didampingi oleh enam wakil ketua, yakni Wimboh Santoso, Ahmad Erani Yustika, Purbaya Yudhi Sadewa, Hasanudin, Agus Joko Pramono, dan Arif Budimanta.

Sedangkan, Mohammad Mahfud MD ditunjuk sebagai Dewan Penggerak Pengurus Pusat MES. Menko Polhukam itu didampingi oleh enam wakil ketua, yakni Sofyan Djalil, Retno Marsudi, Agus Gumiwang, Abdul Halim Iskandar, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Yaqut Cholil Qoumas.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK