Sri Mulyani Sebut Harga Fortuner Hingga Innova Turun April

CNN Indonesia | Selasa, 23/03/2021 14:55 WIB
Menkeu Sri Mulyani memastikan diskon pajak mobil baru berkapasitas di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc seperti, Toyota Fortuner dan Toyota berlaku April 2021. Sri Mulyani memastikan gratis pajak bagi mobil baru berlaku mulai April nanti. Ilustrasi. (Toyota Astra Motor).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru dengan kapasitas di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc seperti, Toyota Fortuner, Toyota Innova, Mitsubishi Pajero Sport, dan lainnya akan berlaku mulai April 2021. 

Saat ini, kata Ani, sapaan akrabnya, peraturan menteri keuangan (PMK) sedang disiapkan. Aturan itu nantinya akan merinci soal pemberlakuan diskon pajak yang membuat harga mobil sekelas Fortuner, Innova, dan lainnya turun di pasaran.

"Untuk yang 2.500 cc, ini masih finalisasi PMK, yang nanti bisa berlaku di April, utamanya untuk di atas 1.500 cc," ujar Ani, saat konferensi pers APBN KiTa edisi Maret 2021 secara virtual, Selasa (23/3).


Sebelumnya, bendahara negara berencana memberi diskon pajak kepada mobil berkapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai 2.500 cc dalam rangka menambah insentif bagi sektor otomotif agar bisa memberi kontribusi pada pemulihan ekonomi.

Tapi, pemberian diskon pajak ini ada syaratnya, yaitu; hanya berlaku untuk mobil dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 70 persen. Bila kurang dari itu, maka berlaku tarif PPnBM normal, yakni sekitar 10-30 persen tergantung tipe mobil.

Bila pungutan pajak yang disetor ke negara berkurang, maka harga penjualan sudah pasti akan ikut turun. Namun, besarannya bergantung pada besaran tarif yang akan diberlakukan dan harga yang dikenakan dari masing-masing dealer.

Pemerintah sebelumnya juga sudah memberikan bebas pajak mobil untuk kendaraan berkapasitas di bawah 1.500 cc. Skemanya gratis PPnBM pada Maret-Mei 2021, lalu diskon 50 persen untuk tiga bulan berikutnya dan diskon 25 persen untuk tiga bulan berikutnya lagi.

[Gambas:Video CNN]



(uli/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK