DANA Ungkap Sebab Gangguan Transfer Saldo Nasabah

CNN Indonesia | Rabu, 24/03/2021 14:46 WIB
DANA Indonesia menyatakan gangguan transfer dan tarik saldo yang menimpa nasabah Rabu (24/3) terjadi akibat update fitur aplikasi dompet digital mereka. Sejumlah nasabah DANA menyatakan kesulitan transfer dan tarik saldo dari dompet digital mereka. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia --

DANA Indonesia, aplikasi dompet digital mengungkapkan gangguan transfer dan tarik saldo yang dikeluhkan sejumlah nasabah pada Rabu (24/3) ini terjadi karena perusahaan tengah melakukan pembaharuan (update) fitur di aplikasi dompet digital mereka.


Hal ini disampaikan Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Indonesia Agustina Samara kepada CNNIndonesia.com.

"Kami memang sedang melakukan update dan berimbas pada beberapa pengguna iOS versi tertentu," ujar Agustina.

Kendati begitu, ia tidak menerangkan kapan waktu pembaharuan fitur selesai dilakukan. Namun, ia memastikan aktivitas ini akan diselesaikan sesegera mungkin.

Saat ini, katanya, beberapa pengguna yang sebelumnya terimbas dampak gangguan transfer, sudah bisa menikmati layanan tersebut.

"Sabar ya. Ini beberapa yang terimbas sudah balik normal. Kami terus memantau dan pastikan semua aman," katanya.

Head of External Communication DANA Indonesia Aldy Giraldie mengatakan perusahaan menjamin dana nasabah tidak akan hilang di aplikasi DANA. Seluruh saldo tetap terekam sesuai transaksi.

"Kami memastikan semua uang atau dana dari pengguna kita tetap aman," ucap Aldy.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, sejumlah pengguna DANA mengeluh tidak bisa melakukan transfer atau menarik saldo dari akun rekening masing-masing. Keluhan diungkapkan di media sosial Twitter dengan ditujukan langsung ke akun resmi DANA, @danawallet.

Salah satunya dicuitkan oleh Ari Triadi melalui akun @aritiz. Ia mengaku tak bisa melakukan transfer dana dari akun DANA dalam waktu dua hari terakhir.

"Saya transfer udah 2 hari gak bisa2 sistem sibuk mulu," tulis Ari.

Cuitan itu sempat di-respons oleh pengguna DANA lain, yaitu @NamaSecuil. "Sama," ucapnya singkat.

Hal yang sama juga dialami @Pemalasnyaku.

"Min tolong ini gmna? Saya mau transfer uang ke bank. Tolong dong," cuitnya.

Keluhan juga disuarakan oleh Ridwan Budi Luhur. Bahkan ia turut meminta Bank Indonesia (BI) untuk turun tangan.

"Min ini keluhan semua pengguna sudah terpampang nyata di kolom komentar. Tolong kejelasannya!!! Tolong @bank_indonesia, ini ada fintek bermasalah," tulis akun dengan nama @ridwan_luhur itu.

Atas berbagai keluhan ini, akun resmi DANA sempat memberi respons. Salah satunya dengan menawarkan agar pengguna melaporkan aduan personal melalui fitur direct message (DM) atau pesan rahasia.

"@tyofng Yuk infoin keluhan di DM yah Kak," ungkap admin Twitter DANA.

(uli/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK