Honda Jual Pabrik Mobil Satu-satunya di Inggris

CNN Indonesia | Senin, 29/03/2021 12:08 WIB
Honda menjual satu-satunya pabrik mobil mereka di Swindon, Inggris, kepada Panattoni, perusahaan raksasa logistik. Honda menjual satu-satunya pabrik mobil mereka di Swindon, Inggris, kepada Panattoni, perusahaan raksasa logistik. Ilustrasi. (honda.co.uk).
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda resmi menjual satu-satunya pabrik mobil mereka di Swindon, Inggris, kepada Panattoni, perusahaan raksasa logistik. Pabrik mobil Honda tersebut diperkirakan dibanderol 700 juta poundsterling atawa setara Rp13,9 triliun.

Dilansir Reuters, Minggu (28/3), produsen mobil Jepang yang membangun 10 persen dari 1,5 juta produksi mobil di Inggris itu memutuskan menjual pabriknya dua tahun lalu, setelah mengumumkan niat menyetop produksi di Swindon.

Dikabarkan, penutupan pabrik Honda mengakibatkan sedikitnya 3.500 orang kehilangan pekerjaan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).


Juru Bicara Honda mengatakan penutupan pabrik mobilnya tidak terkait dengan kebijakan brexit atau keluarnya Inggris dari persekutuan Uni Eropa.

Menurut Juru Bicara Honda, perusahaan perlu fokus pada kegiatan di wilayah yang diperkirakan mampu menjual sebagian besar mobil buatannya.

Kabar lain berhembus Honda akan melakukan peralihan bisnis dari mobil berbahan bakar fosil (BBM) menjadi mobil listrik.

Panattoni mengaku akan berinvestasi hingga 700 juta poundsterling atau US$965 juta untuk pengembangan logistik perusahaan.

Pabrik itu akan diserahkan sepenuhnya kepada Panattoni pada musim semi 2022 yang jatuh pada Maret sampai Mei, setelah Honda menyelesaikan produksi Civic hatchback, seri terbaru dai produsen mobil asal Jepang ini.

Panattoni menyebut pengembangan logistik perusahaan akan membuka lapangan pekerjaan baru.

"Kami akan bekerja sangat erat dengan Honda dan Swindon Borough Council, bersama dengan komunitas dan perwakilannya untuk membangun kembali tempat itu," kata Direktur Pengembangan Panattoni James Watson.

Kepala Eksekutif Swindon Borough Council Susie Kemp mengatakan pembangunan kembali yang direncanakan Panattoni akan berdampak positif bagi kota Swindon setelah Honda angkat kaki.

"Investasi mereka memberikan dorongan yang signifikan bagi ekonomi lokal dan kami sangat senang dengan prospek pembangunan kembali ini yang menciptakan ribuan pekerjaan untuk Swindon dan daerah sekitarnya," kata Kemp.

[Gambas:Video CNN]



(adp/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK