Dongkrak Sektor Swasta, Arab Saudi Bakal Investasi Rp46.336 T

CNN Indonesia | Rabu, 31/03/2021 04:51 WIB
Arab Saudi bakal menebar investasi US$3,2 triliun atau sekitar Rp46.336 triliun hingga 2030 untuk membantu  sektor swasta dan menciptakan lapangan kerja. Arab Saudi bakal menebar investasi US$3,2 triliun atau sekitar Rp46.336 triliun hingga 2030 untuk membantu sektor swasta dan menciptakan lapangan kerja. (REUTERS/Handout).
Jakarta, CNN Indonesia --

Arab Saudi berencana investasi US$3,2 triliun atau sekitar Rp46.336 triliun (asumsi kurs Rp14.480 per dolar AS) hingga 2030 untuk mendorong kinerja sektor swasta di dalam negeri. Hal itu disampaikan oleh pemimpin de facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada Selasa (30/3).

"Total investasi yang disuntikkan... ke ekonomi nasional ditargetkan mencapai 12 triliun riyal (US$3,2 triliun) pada 2030," ujar Pangeran Mohammed dalam pidatonya di stasiun tv lokal, seperti dikutip dari AFP.

Langkah itu sejalan dengan upaya Arab Saudi untuk mendiversifikasi ekonomi yang selama ini bergantung pada minyak. Tahun lalu, harga minyak turun gila-gilaan sehingga memaksa negara dengan perekonomian terbesar di Timur Tengah ini menaikkan pajak pertambahan nilai hingga tiga kali lipat demi menekan defisit anggaran.


Selain itu, langkah itu juga sebagai respons atas tingginya tingkat pengangguran sebagai imbas pandemi covid-19. Pada kuartal III 2020 lalu, tingkat pengangguran di Arab Saudi mencapai 14,9 persen. Angka itu sedikit lebih rendah dari rekor tertinggi sepanjang sejarah, 15,4 persen, yang tercatat pada kuartal sebelumnya.

"Kebijakan ini akan membantu memperkuat sektor swasta, menciptakan ratusan ribu lapangan kerja baru dan menyediakan dukungan kepada perusahaan Saudi," ujarnya

Total investasi yang akan ditanam termasuk 3 triliun riyal dari Dana Investasi Publik Arab Saudi (Public Investment Fund/PIF). Pada Januari lalu, Pangeran Mohammed menyatakan PIF bakal investasi US$40 miliar per tahun ke ekonomi domestik dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(afp/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK