OJK Yakin Bank Digital Bisa Beri Pinjaman Berbunga Murah

CNN Indonesia | Jumat, 09/04/2021 05:50 WIB
OJK yakin bank digital ke depan akan mampu memberikan pinjaman dengan bunga kredit relatif lebih rendah dari bank konvensional. OJK meyakini bank digital mampu memberikan pinjaman berbunga kredit relatif lebih rendah dari bank konvensional. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi).
Jakarta, CNN Indonesia --

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai bank digital mampu memberikan pinjaman dengan bunga kredit relatif lebih rendah dari bank konvensional di masa mendatang.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana optimis bunga rendah dapat diberikan karena bank digital bakal lebih efisien dalam banyak hal.

"Saya percaya banget akan terjadi seperti itu, bank yang melayani digital bisa lebih bersaing karena suku bunga lebih rendah, pasti," katanya pada VIP Forum Digital Bank CNBC Indonesia, Kamis (8/4).


Heru menjelaskan beberapa komponen yang membentuk tingkat bunga kredit yang dapat ditekan bank digital adalah cost of fund (biaya dana), overhead cost (biaya beban/komponen), premi risiko, dan profit margin masing-masing bank.

Untuk biaya beban misalnya, ia menyebut tidak seperti bank konvensional yang memerlukan bank kantor cabang, bank digital dapat dioperasikan hanya dari satu kantor saja. Ini bakal membuat bank digital lebih bersaing.

Kemudian, untuk risiko premi pun bakal lebih murah dan akurat. Pasalnya, credit score nasabah terekam secara digital sehingga analisis yang dibuat bank bakal lebih cepat, tepat, dan efisien.

Guna mendukung terciptanya ekosistem bank digital di dalam negeri, Heru mengatakan OJK tengah menyiapkan Peraturan OJK terkait Bank Umum yang akan dirilis paling lambat semester I 2021 atau sebelum Juni mendatang.

"Kami akan segera keluarkan pada semester I 2021, kami sudah minta pendapat ke asosiasi, masyarakat, dan regulator lain," bebernya.

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK