Cara Alumni Prakerja Dapat KUR Super Mikro Rp10 Juta

CNN Indonesia | Kamis, 08/04/2021 18:25 WIB
Pemerintah bakan memberikan KUR super mikro Rp10 juta kepada alumni Kartu Prakerja tanpa jaminan. Berikut cara dan syarat dapatnya Berikut cara dan syarat untuk lulusan program Kartu Prakerja mendapatkan pinjaman tanpa jaminan.(ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah menyiapkan Rp253 triliun untuk program pinjaman bunga murah untuk masyarakat pada tahun ini. Rinciannya, Rp41,8 triliun untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro, Rp130,9 triliun untuk KUR Mikro, Rp80,3 triliun untuk KUR kecil, dan Rp560 miliar untuk KUR TKI.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemangkasan bunga dari semula 6 persen menjadi 3 persen yang berakhir pada Juni ini diperpanjang hingga Desember mendatang.

Walau saat ini pinjaman tanpa agunan hanya diberikan hingga pinjaman sebesar Rp50 juta, namun ia menyatakan pemerintah tengah mematangkan skema pinjaman tanpa jaminan hingga Rp100 juta.


Tak hanya diberikan untuk korban PHK dan ibu rumah tangga, KUR juga diberikan kepada alumni program Kartu Prakerja. Untuk tahapan awal, alumni yang berminat akan diberikan pinjaman sebesar Rp10 juta dan dapat 'naik kelas' atau menambah pinjaman bila memenuhi kriteria.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan pinjaman murah tanpa agunan ini bagi lulusan Kartu Prakerja?

Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian Gede Edy Prasetya mengatakan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman adalah menyertakan sertifikat lulus program, kemudian memenuhi satu dari tiga kriteria di bawah:

1. Mengikuti program pendampingan formal dan informal

2. Tergabung dalam suatu kelompok usaha

3. Memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha

Selain itu, peserta juga harus tercatat sebagai pemohon pertama kali alias belum pernah menerima KUR sebelumnya. Biasanya, calon penerima juga mesti tercatat memiliki usaha minimal 6 bulan, namun khusus untuk alumni program, pengalaman berwirausaha tidak diwajibkan.

"Kita tidak perlu lagi membutuhkan izin usaha tapi hanya surat keterangan (sertifikat) yang kita perlukan," pungkasnya pada Kamis (8/4).

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK