Grab Business Forum 2021, Diskusi Menjawab Tantangan Ekonomi

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 17:08 WIB
Dalam memperkuat komitmen untuk melayani perusahaan-perusahaan Indonesia, Grab for Business telah menggelar acara tahunannya, yaitu Grab Business Forum 2021. Ilustrasi Grab Indonesia. (Dok. Grab Indonesia via www.grab.com).
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam memperkuat komitmen Grab for Business untuk melayani perusahaan-perusahaan Indonesia, Grab for Business telah menggelar acara tahunannya, yaitu Grab Business Forum 2021.

Acara Grab Business Forum 2021 tersebut menghadirkan para pemimpin Grab, pengamat ekonomi, pelaku bisnis serta perwakilan pemerintah. Dalam acara tersebut mereka berdiskusi dan menyampaikan insights menarik lewat praktik terbaik bisnis dalam menjawab tantangan di tengah pandemi Covid-19.

Grab Business Forum 2021 mengambil topik utama 'Driving Digital Transformation and Business Forward' dan menghadirkan berbagai macam materi. Grab Business Forum 2021 diperuntukkan sebagai ruang diskusi dan bertukar pikiran mengenai kegiatan bisnis dan ekonomi di Indonesia.


Acara Grab Business Forum 2021 dibagi menjadi beberapa rangkaian sesi. Sesi pertama yaitu Executive Forum yang dihadiri oleh Ekonom Senior Indonesia, Chatib Basri, Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Sjahrir, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Country Managing Director Grab Indonesia dan Director of Grab for Business, Grab Indonesia, Roy Nugroho.

Dalam sesi ini, Ekonom Senior Indonesia, Chatib Basri telah memaparkan 'Prediksi Kondisi Ekonomi 2021'. Chatib Basri mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan pertama 2021 bisa mencapai 0 persen, atau setidaknya di triwulan kedua 2021 bisa mencapai pertumbuhan positif apabila vaksinasi masif dilakukan.

Prediksi makro ekonomi dan perubahan perilaku konsumen menyimpulkan bahwa vaksinasi dan protokol kesehatan merupakan syarat mutlak terjadinya pemulihan ekonomi di Indonesia.

Sementara itu, Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Sjahrir dalam paparannya mengenai Road to Recovery in 2021 mengatakan, bahwa pandemi telah mengubah pola perilaku masyarakat dan menciptakan irreversible trend. Dimana masyarakat menjadi lebih terintegrasi pada layanan online di setiap lini kehidupan.

Dalam 12 hingga 18 bulan ke depan, sektor infrastruktur, teknologi keuangan dan logistik e-commerce diperkirakan menjadi sektor yang paling cepat untuk bangkit.

Beralih dari sisi pemerintahan, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong pengembangan aplikasi Si Bakul dengan tujuan untuk pemberdayaan UMKM lewat markethub. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pihaknya melakukan upaya kolaboratif lewat kerja sama dengan GrabExpress dari Grab for Business untuk mensubsidi UMKM lewat gratis ongkos kirim.

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK