Kemenperin Integrasi 49 Startup dengan IKM Sejak 2018

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 21:22 WIB
Kemenperin mengintegrasikan 49 usaha rintisan (startup) agar konsepnya bisa dipakai industri kecil menengah (IKM). Kemenperin mengintegrasikan 49 usaha rintisan (startup) agar konsepnya bisa dipakai industri kecil menengah (IKM). (CNN Indonesia/Dinda Audriene Muthmainah).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengintegrasikan 49 usaha rintisan (startup) dengan industri kecil menengah (IKM) lewat program Startup for Industry sejak 2018.

"Program ini menghasilkan 49 hubungan bisnis yang terjalin antara startup dan IKM. Jadi startup itu bukan hanya sekedar buat konsep tapi benar-benar terpakai oleh IKM," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam diskusi virtual bertajuk 'Tech Provider dan Startup Indonesia di Panggung Hannover Messe', Rabu (14/4).

Selain itu, program tersebut juga telah menghasilkan 23 startup yang terpilih dalam ajang Hannover Messe 2021. "Ada 23 startup yang terpilih sebagai coexhibitor Hannover Messe, ini memperlihatkan mereka siap go global," lanjutnya.


Hannover Messe sendiri merupakan pameran terbesar dunia untuk teknologi industri, yang telah berjalan selama lebih dari 72 tahun.

Ajang ini disebut memiliki eksposur kuat di dunia internasional dan rata-rata dihadiri 225 ribu pengunjung yang merupakan level pemimpin dari perusahaan-perusahaan seluruh dunia. Selain itu, diliput sebanyak 2500 jurnalis dari 51 negara.

Tahun ini, Indonesia menjadi official partner country pada Hannover Messe 202: Digital Edition yang berlangsung pada 12-16 April 2021.

Perhelatan tersebut juga digadang-gadang sebagai ajang untuk pembuktian kepada dunia mengenai kesiapan manufaktur Indonesia dalam penerapan teknologi industri 4.0.

[Gambas:Video CNN]

Gati berharap 23 startup Indonesia yang dapat bergabung dalam ajang tersebut dapat bekerja sama atau memperoleh pendanaan dari investor global. Ia optimistis lantaran pada tahun lalu, kompetisi startup yang diselenggarakan oleh Hannover Messe yaitu Hermes Award dimenangkan oleh startup Indonesia.

"Target kami paling tidak yang 23 itu dapat pasar dalam artian bisa bekerja sama dengan investor dari luar. Kami belum tahu situasinya seperti apa. Tapi kalau hadir di sana dan dengan melihat antusiasme investor yang mau pitching, targetnya ke-23-nya dapat investor," pungkasnya.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK