Jokowi Mau Desain Ibu Kota Baru Jadi Rujukan Smart City Dunia

CNN Indonesia
Sabtu, 17/04/2021 20:27
Presiden Joko Widodo menerangkan konsep smart city lebih dari sekadar kota yang terintegrasi secara digital. (Biro Setpres/Lukas).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan desain dan tata kota ibu kota baru bisa menjadi rujukan kota pintar (smart city) di dunia.

"Mari kita rancang ibu kota baru di Kalimantan Timur menjadi kota dan kawasan yang benar-benar smart desainnya, yang menjadi pionir kota rujukan dunia," kata Jokowi dalam sambutannya pada HUT Ahli Perencanaan Indonesia, Sabtu (17/4).

Dalam sambutan yang dirilis melalui video Sekretariat Presiden itu, Jokowi menuturkan jangan sampai membangun smart city tanpa perencanaan yang jelas.


Ia menganggap konsep smart city saat ini banyak disalahartikan karena mengutamakan teknologi saja. Padahal, menurut Jokowi, konsep smart city lebih dari sekadar kota yang terintegrasi secara digital.

"Konsep smart city kerap kali hanya diartikan sebagai smart digital city, hanya diartikan kota yang terkoneksi secara digital dan melakukan banyak otomatisasi dengan menggunakan internet of things dan perangkat digital lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan perencanaan pembangunan kota atau provinsi sangat memengaruhi tingkat kebahagiaan dan kreativitas warganya.

Menurut Jokowi, perencanaan pembangunan suatu wilayah harus mempertimbangkan hal-hal mendasar seperti budaya, struktur sosial, sejarah, hingga ekonomi masyarakat setempat.

"Jangan sampai perencanaan kota membuat rakyat merasa terasingkan di kampung sendiri, jangan sampai perencanaan kota juga picu kemacetan dan membuat biaya hidup semakin mahal. Perencanaan juga jangan sampai silau dengan perkembangan teknologi tapi tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya," ucapnya.

Jokowi menilai para perencana Indonesia harus bisa membangun kota dan wilayah inklusif, terbuka bagi seluruh warga. Mulai dari cara membangun jalan yang aman dan nyaman bagi pejalan kaki, pesepeda, hingga pengguna kendaraan, cara membangun pertokoan yang bukan eksklusif untuk kelas atas, tapi juga bisa untuk konsumsi masyarakat bawah.

"Mari kita jadikan kota-kota di Indonesia menjadi smart city, diawali dengan desain yang smart. Mari jadikan seluruh provinsi di Indonesia menjadi smart province diawali dengan desain yang smart," kata Jokowi dalam penutup sambutannya.



(rds/sfr)
KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
TERPOPULER
LAINNYA DARI DETIKNETWORK