11 Mal di DKI Jadi Sentra Vaksinasi Corona Pekerja dan UKM

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 15:28 WIB
Sebanyak 11 pusat perbelanjaan di DKI Jakara menyediakan sentra vaksinasi covid-19 bagi pekerja mal dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sebanyak 11 pusat perbelanjaan di DKI Jakara menyediakan sentra vaksinasi covid-19 bagi pekerja mal dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalismaaa).
Jakarta, CNN Indonesia --

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) DPD DKI Jakarta mengungkapkan sebanyak 11 pusat perbelanjaan menyediakan sentra vaksinasi covid-19. Sentra vaksinasi tersebut menyasar pekerja/karyawan di mal serta pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan pendirian sentra vaksinasi di 11 mal tersebut merupakan kerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Pengelola pusat belanja sejak awal telah membuka diri dan menyatakan kesiapannya sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi covid-19," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (20/4).


Bila dirinci, 11 mal yang menjadi sentra vaksinasi covid-19 tersebut adalah Senayan City, Kota Kasablanka, Lippo Mall Puri, Mall Taman Anggrek, dan Pondok Indah Mall.

Selanjutnya, Mal Artha Gading, Mall of Indonesia, Blok M Plaza, Gandaria City, Lippo Mall Kemang, dan Emporium Pluit Mall.

Selain 11 mal tersebut, kata dia, APPBI tengah mempersiapkan sentra vaksinasi di 28 pusat perbelanjaan lainnya. Tambahan sentra baru diharapkan bisa memenuhi pemberian vaksin khususnya kepada pekerja pusat perbelanjaan.

"Dari 85 mall anggota APPBI, kami telah memiliki data dibutuhkan sekitar 95.700 kuota vaksin," terangnya.

Ia menuturkan karyawan yang bekerja di pusat perbelanjaan termasuk kelompok garda terdepan yang banyak berinteraksi dengan publik. Dengan demikian, mereka merupakan kelompok prioritas seperti yang diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati menuturkan pihak pemerintah provinsi akan menyiapkan kebutuhan vaksin secara gratis bagi sentra vaksinasi tersebut.

Sementara itu, pengelola mal mengatur kebutuhan program vaksinasi sesuai dengan standar yang berlaku, seperti tenaga kesehatan, sarana mini ICU, ambulans, peralatan dan perlengkapan kesehatan standar sentra vaksinasi, dan sebagainya.

"Sebuah sinergi dan kolaborasi yang sangat baik dan sangat dibutuhkan di tengah kondisi seperti saat ini," ucapnya.

Sedangkan, seremonial peresmian pembukaan sentra vaksinasi dilakukan pada Emporium Pluit Mall. Sentra ini akan menyediakan 4.500 dosis vaksin yang diberikan kepada UKM binaan DKI Jakarta, karyawan Emporium Pluit Mall, dan karyawan dari beberapa mal di Jakarta Utara.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK