Garuda Beri Diskon Tarif Kargo untuk Ekspor Produk UMKM

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 09:46 WIB
Garuda Indonesia akan memberi diskon tarif penerbangan kargo sebesar 50 persen bagi UMKM yang akan mengekspor produknya ke luar negeri. Garuda Indonesia akan memberi diskon tarif penerbangan kargo sebesar 50 persen bagi UMKM yang akan mengekspor produknya ke luar negeri.(ANTARA FOTO/AMPELSA).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan memberi diskon tarif penerbangan kargo sebesar 50 persen bagi UMKM yang akan mengekspor produknya ke luar negeri. Saat ini, mekanisme pengiriman dan berbagai kesiapan masih difinalisasi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan maskapai akan memberikan ruang kargo khusus bagi pengusaha kecil, yaitu UMKM bag dengan volume 1 ton per penerbangan. Destinasi tujuan penerbangan kargo yang tersedia, yaitu Australia, Belanda, China, Hong Kong, Jeddah, dan Taiwan.

"Saya kasih UMKM bag 1 ton setiap penerbangan, barang yang ada di situ, saya diskon 50 persen," ujar Irfan di acara yang diselenggarakan Sekolah Ekspor secara virtual, Selasa (20/4).


Irfan mengatakan penawaran dari Garuda Indonesia ini merupakan hasil diskusi dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Menurutnya, Teten ingin Garuda bisa membantu kelogistikan dan ekspor bagi UMKM di tanah air.

"Kami bersepakat untuk sama-sama meski belum sign (kesepakatan secara formal), untuk UMKM dapat UMKM bag, ibarat diplomatic bag," imbuhnya.

Tapi, Irfan ingin ada peran juga dari pemerintah. Caranya, UMKM yang ingin mengekspor produknya harus mengumpulkannya melalui Kementerian Koperasi dan UKM, baru setelah itu, diangkut oleh Garuda ke negara tujuan.

"Tapi nanti kalau Bapak-bapak (UMKM) punya pabrik, usaha membesar, seperti Indomie, ke seluruh dunia lewat Garuda ya itu nanti bayarnya normal, kan sudah bukan UMKM lagi," tuturnya.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan Garuda mau memberi diskon tarif khusus penerbangan kargo bagi UMKM karena merupakan agen pembangunan dari pemerintah. Selain itu, perusahaan melihat prospek bisnis yang menjanjikan dari usaha kargo, khususnya di tengah pandemi ketika penerbangan penumpang tengah ciut.

Untuk itu, ia ingin menggunakan rute-rute penerbangan internasional Garuda untuk angkutan kargo. Bahkan, jasa angkut kargo ini tidak hanya bisa dari Bandara Internasional Soekarno Hatta saja, tapi juga bandara internasional lain yang ada di daerah.

"Kenapa? Pertama, jalur itu lebih cepat. Kedua, lebih murah daripada dari (Indonesia) timur ke Jakarta, baru kemudian ke negara tujuan, Manado-Narita (Jepang) itu cuma 4 jam kok," tuturnya.

Irfan menyatakan bakal ada lima rute penerbangan internasional yang digenjot sebagai angkutan kargo, yaitu Manado-Narita (Jepang), Makassar-Singapura, Denpasar-Hong Kong, Surabaya-Hong Kong, dan Padang-Ghuangzhou (China). Namun, penerbangannya kemungkinan tetap mengikuti jadwal saat ini, yakni seminggu sekali.

"Ini tapi cukup menarik, kemarin ada isinya hanya manggis 32 ton, diterbangkan dari Padang (ke Ghuangzhou). Kalau kota lain, mayoritas isinya adalah marine product, ikan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(uli/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK