MRT Fase 2A Harmoni-Kota Ditargetkan Rampung 2027

CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 11:50 WIB
Pembangunan MRT fase 2A rute Harmoni-Kota ditargetkan rampung pada Agustus 2027, meliputi tujuh stasiun bawah tanah. Pembangunan MRT fase 2A rute Harmoni-Kota ditargetkan rampung pada Agustus 2027, meliputi tujuh stasiun bawah tanah. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama PT MRT William Sabandar menargetkan pembangunan proyek MRT fase 2A rute Harmoni-Kota rampung pada 2027.

"Target operasi MRT dari Harmoni ke Kota, yang merupakan segmen ke-2 dari Fase 2A adalah Agustus 2027. Sementara Segmen 1 dari Fase 2A, yaitu dari Bundaran HI sampai ke Monas akan beroperasi pada April 2025," ujar William dalam keterangan tertulis, Selasa (20/4).

Sebagai catatan, pembangunan MRT Fase 2 terdiri dari dua tahap, yaitu fase 2A dan fase 2B.


Fase 2A terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yakni; Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota dengan total panjang jalur Fase 2A sekitar 5,8 kilometer.

Sementara, fase 2B terdiri dari dua stasiun bawah tanah, yakni Mangga Dua dan Ancol serta satu depo di Ancol Barat dengan total panjang jalur sekitar enam kilometer.

Menurut William, pembangunan MRT Fase 2A tersebut sesuai visi gubernur dan rencana pemerintahan daerah dalam menata kembali dan mengembangkan Kawasan Kota Tua hingga Sunda Kelapa sebagai kawasan cagar budaya dan kawasan pariwisata yang dikelola dengan kualitas terbaik.

William mengungkapkan proyek pembangunan fase 2 MRT ini memiliki total panjang lintasan sekitar 12,3 kilometer yakni dari Bundaran HI hingga Ancol Barat.

[Gambas:Video CNN]

Ia turut menandatangani kontrak kerja sama antara MRT dengan SMCC-HK JO untuk pengerjaan Stasiun Glodok dan Stasiun Kota, serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua, sepanjang 1,4km.

Total kontrak kerja sama ini bernilai sekitar Rp4,6 trilyun dengan masa konstruksi selama 72 Bulan (September 2021 - Agustus 2027).

(dmi/pris)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK