Syarat Buat Perusahaan di RI Lebih Mudah dari Bikin Koperasi

CNN Indonesia | Selasa, 27/04/2021 15:50 WIB
Kemenkop UKM menyebut syarat mendirikan koperasi di RI lebih sulit dari perusahaan. Padahal, pemerintah melalui UU Cipta Kerja sudah memangkas syaratnya. Kemenkop UKM menyebut meski syarat sudah dipangkas, proses pendirian koperasi di Indonesia masih lebih sulit dari buat perusahaan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut lebih gampang membentuk perseroan terbatas (PT) daripada koperasi di Indonesia. Ini karena mendirikan koperasi butuh minimal 9 orang.

Syarat itu lebih sulit jika dibandingkan dengan mendirikan PT yang hanya mewajibkan hanya dua orang saja. Padahal, lewat UU Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM pemerintah sudah merampingkan syarat pendirian koperasi.

Teten menyebut sebelum aturan diubah, koperasi diwajibkan memiliki 20 orang anggota.


"Sekarang ini pendirian koperasi lebih mudah, cukup 9 orang walaupun dibandingkan rata-rata dunia hanya membutuhkan 5 orang. Ini sudah lebih murah dari sebelumnya harus 20 orang. Lebih mudah mendirikan PT daripada koperasi," katanya pada webinar Sariagri bertajuk Kemitraan UKMK Sawit, Selasa (27/4).

Pada tahun ini, Teten menyebut Kemenkop punya target membentuk 100 koperasi modern yang diharapkan dapat mendorong pelaku usaha cilik naik kelas.

Tak hanya untuk pedagang mikro, ia menyebut koperasi modern juga akan dikembangkan untuk kelompok petani rakyat yang memiliki lahan sempit supaya produktivitas dan penjualan hasil panen mereka bisa terdorong.

Teten menambahkan ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk korporasi petani untuk mengkonsolidasikan petani rakyat berlahan sempit untuk masuk ke rantai atau pasar global.

Dia mengatakan Presiden sudah menginstruksikan beberapa kementerian untuk membentuk program percontohan (piloting).

"Pak Presiden mendorong beberapa kementerian untuk melakukan piloting pembentukan korporisasi petani, kami wadahkan dalam bentuk koperasi petani yang intinya membangun korporasi tani yang berasal dari petani-petani perorangan berlahan sempit," terang Teten.

[Gambas:Video CNN]



(wel/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK