Sri Mulyani Jamin Seluruh Aparatur Negara Dapat THR Tahun Ini

CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 17:05 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan tunjangan hari raya (THR) akan diberikan ke seluruh aparatur negara. Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan tunjangan hari raya (THR) akan diberikan ke seluruh aparatur negara.(CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan tunjangan hari raya (THR) akan diberikan ke seluruh aparatur negara. Ini termasuk PNS, TNI, Polri, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan.

Sri Mulyani menjelaskan THR menjadi salah satu 'senjata' pemerintah untuk mendorong konsumsi masyarakat kelas menengah. Jika konsumsi meningkat, maka efeknya juga akan positif terhadap laju pertumbuhan ekonomi.

"Kebijakan pemerintah dalam berikan THR akan menjadi salah satu faktor untuk mendorong konsumsi dan mengakselerasi pemulihan ekonomi," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Kamis (29/4).


Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp30,8 triliun untuk pembayaran THR. Rinciannya, untuk kementerian/lembaga PNS, TNI, Polri sebesar Rp7 triliun, PNS di daerah dan P3K sebesar Rp14,8 triliun, dan pensiunan dialokasikan dana sebesar Rp9 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan THR yang diberikan tahun ini berupa gaji pokok dan tunjangan melekat. Ini berarti tunjangan kinerja kembali dihapus dalam komponen pembayaran THR seperti 2020.

Tunjangan melekat adalah tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Nantinya, THR akan mulai dicairkan pada h-10 sampai h-5 Lebaran secara bertahap.

Aturan teknis terkait penyaluran THR akan dituangkan dalam peraturan menteri keuangan (pmk). Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani peraturan presiden (pp) terkait THR kemarin.

Sementara, dalam nota dinas Kementerian Keuangan Nomor ND-134/PB/2021 tertulis bahwa ada dua kriteria PNS yang tak mendapatkan jatah THR. Pertama, PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang sedang cuti di luar tanggungan negara.

Kedua, PNS, TNI, dan Polri yang sedang bertugas di luar instansi pemerintah atau instansi induknya baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan.

Secara keseluruhan, THR 2021 secara keseluruhan diberikan kepada PNS, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan. Selain itu, THR 2021 juga akan diberikan kepada pegawai non PNS yang bertugas sebagai satpam, pengemudi, petugas kebersihan, dan pramubakti.

[Gambas:Video CNN]



(aud/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK