Daftar Rute Penerbangan yang Diburu Penumpang Jelang Mudik

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 17:43 WIB
Maskapai Sriwijaya Air mencatat kenaikan jumlah penumpang dengan rute Padang, Pontianak, dan Bangka Belitung. Maskapai Sriwijaya Air mencatat kenaikan jumlah penumpang dengan rute Padang, Pontianak, dan Bangka Belitung. (ANTARA FOTO/Fauzan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemesanan tiket pesawat meningkat jelang larangan mudik pada 6-17 Mei 2021 nanti. Maskapai Sriwijaya Air misalnya, mencatat kenaikan pemesanan tiket sekitar 10 persen dibandingkan hari biasanya.

Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Theodora Ericka menuturkan kenaikan pemesanan tiket terjadi untuk 13 rute perjalanan. "Kenaikan kurang lebih 10 persen dengan didominasi rute-rute tersebut," jelasnya dihubungi CNNIndonesia.com Rabu (5/5).

Rute yang dimaksud antara lain Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Minangkabau, Padang; Soekarno-Hatta ke Bandara Supadio, Pontianak; serta Soekarno-Hatta ke Bandara Buluh Tumbang, Tanjung Pandan, Bangka Belitung.


Kemudian, Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, menuju Ahmad Yani, Semarang; Sultan Hasanuddin menuju bandara internasional Yogyakarta; Bandara Osok, Sorong, menuju Sultan Hasanuddin; dan Bandara Timika ke Sultan Hasanuddin.

Lalu, Bandara Sultan Hasanuddin ke Bandara Juanda, Surabaya; Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang; Bandara Sentani, Jayapura, ke Bandara Timika; dan Bandara Sepinggan Balikpapan ke Sultan Hasanuddin, Makassar.

Ada pula penerbangan dari Bandara Rendani Manokwari, ke Bandara Osok, Sorong, serta dari Bandara Frans Kaisiepo, Biak, menuju Bandara Sentani, Jayapura.

Ericka mengatakan pada 6-17 Mei mendatang pihaknya juga akan menambah jadwal penerbangan kargo untuk menyiasati berkurangnya penumpang karena larangan mudik.

"Per 6 sampai dengan 17 mei kita punya beberapa rute kargo tambahan, untuk rute kargonya belum bisa kami sampaikan sekarang," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan peningkatan penumpang di beberapa rute memang telah terjadi dan hal tersebut lazim mendekati Lebaran.

Namun, ia belum bisa merinci rute mana sja yang mengalami kenaikan serta berapa persen kenaikan tersebut. "Masih terlalu dini (untuk mereview). Kami masih pelajari dan monitor perkembangannya," tegas Irfan.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK